UHC Capai Angka 97 Persen, Pemko Dumai Raih Penghargaan Dari Wapres RI

Selasa, 14 Maret 2023 - 20:16:46 WIB Cetak

Momen Riaucom, JAKARTA - Karena dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas kesehatan, Pemerintah Kota Dumai yang dipimpin Wali Kota, H. Paisal menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin.

Penghargaan UHC yang diterima langsung oleh orang nomor satu Dumai ini, diberikan langsung oleh Wapres didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional, di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/03).

Tidak hanya Dumai, penghargaan UHC juga diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota. Untuk Provinsi Riau sendiri, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Pelalawan, dan Kabupaten Kuansing turut menerima penghargaan serupa.

Dengan tercapainya UHC, Wapres RI mengapresiasi komitmen pemda, khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kota Dumai sendiri sangat komit terhadap bidang kesehatan, salah satunya dibuktikan dengan realisasi Khidmat Kesehatan yang manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Dumai.

Maka dari itu, Pemko Dumai sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage. 

Terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 323.892 jiwa penduduk Kota Dumai telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 331.445 jiwa atau sebesar 97,72%. 

Artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Dumai telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Dalam kesempatan itu,  Wali Kota Dumai H. Paisal mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya.

"Terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Dumai, BPJS Kesehatan Cabang Dumai, dan instansi terkait lainya yang telah bekerja keras agar masyarakat Kota Dumai bisa terjamin ke dalam Program JKN," ucapnya.

H. Paisal menambahkan, dengan telah tercapainya UHC di Kota Dumai maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. 

"Insyaallah kedepan, kami akan terus memastikan seluruh penduduk Kota Dumai tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” pungkasnya.

Sekedar informasi, Kota Dumai telah mencapai UHC pada tanggal 1 Desember 2022 dimana 95,71 persen masyarakatnya sudah tercover Program JKN.

Turut mendampingi Wali Kota Dalam menerima penghargaan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr. Syaiful dan Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Dumai, dr. Mery Afrita, serta rombongan lainnya. ( Rmn )




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ