Penandatanganan komitmen kerjasama terkait jaminan kesehatan semesta dalam percepatan UHC di kota dumai

Ahad, 02 Oktober 2022 - 12:04:19 WIB Cetak

Momen Riaucom DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai menggelar Pertemuan Percepatan Universal Health Coverage (UHC) Kota Dumai Tahun 2022 dan Penandatanganan Komitmen Bersama Terkait Riau Menuju Jaminan Kesehatan Semesta 1 Januari 2024.

Acara yang dilangsungkan di Ballroom salah satu hotel di Kota Dumai ini, dihadiri Wali Kota Dumai dalam hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan, S.IP, M.Si, Kamis (29/9/2022).

Turut hadir, Kepala Dinkes Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes, Unsur Forkopimda Kota Dumai atau yang mewakili, pimpinan Kepala OPD dilingkungan Pemko Dumai, pimpinan Instansi Vertikal, Camat dan Lurah dilingkup Pemko Dumai.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas dan untuk menjamin keberlangsungan program JKN sesuai Intruksi Presiden No 1 Tahun 2022.

Kepala Dinkes Dumai, dr. Syaiful, MKM, dalam laporannya mengatakan, dari 331.445 total jumlah penduduk Kota Dumai, yang sudah mempunyai jaminan kesehatan 89% atau sebanyak 291.598 jiwa.

"Yang belum mempunyai jaminan sekitar 23.000 jiwa. Target kita untuk mencapai UHC dan terkait Riau menuju Jaminan Kesehatan Semesta per 1 Januari 2023 yaitu 95% atau sebanyak 314.572 jiwa," ungkapnya pada Momen Riaucom.

Sementara itu, Sekda Kota Dumai, Indra Gunawan mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Riau, Khususnya Pemko Dumai sangat berkomitmen dalam melaksanakan Amanat Undang-Undang No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan yang menegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses dan sumber daya dibidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau.

"Dumai termasuk daerah dengan APBD yang kecil di Provinsi Riau. Walau begitu, tidak menjadikan itu sebagai penghambat Pemko Dumai dalam mengoptimalkan program JKN. Hal ini dibuktikan dengan Khidmat Kesehatan yang merupakan salah satu program unggulan Pemko Dumai," tuturnya.

Lanjutnya, dengan besarnya jumlah anggaran yang dianggarkan, menunjukkan bahwa Pemko Dumai sangat berkomitmen dalam melaksanakan dan mewujudkan amanat undang-undang serta berupaya maksimal demi terwujudnya UHC di Provinsi Riau dengan target 1 Januari 2024.

"Semoga dengan adanya Penandatanganan Komitmen Bersama Percepatan Jaminan Kesehatan Semesta 1 Januari 2024 di Riau, tujuan pemerintah pusat dan daerah dalam melaksanakan program negara untuk memberikan kepastian, perlindungan, dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya dibidang kesehatan dapat terwujud," harap Indra.

Disisi lain, Kepala Dinkes Provinsi Riau H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes mengapresiasi upaya dan langkah yang dilakukan Pemko Dumai untuk melakukan percepatan Jaminan Kesehatan Semesta per tanggal 1 Januari 2024 di Provinsi Riau, yang sebelumnya telah dilakukan penandatanganan komitmen bersama kepala daerah pemerintah kab/kota se Riau di Pekanbaru.

Tambah Arifin, sebagai gambaran, di Provinsi Riau Jaminan Kesehatan Semesta hanya 79% per 1 Januari 2022, sementara nasional baru 86%.

"Nah, untuk Kota Dumai sudah mencapai 89%, sudah berada diatas pemprov dan pemerintah Pusat. Untuk itu, kepada Pemko Dumai kami berharap, kalau memang bisa mencapai target sebelum 1 Januari 2024, ya kenapa tidak. Setahun lebih cepat dari target yang telah ditetapkan, ini lebih baik," pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan Penandatanganan Komitmen Bersama Terkait Riau Menuju Jaminan Kesehatan Semesta 1 Januari 2024.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Panel Diskusi yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Dumai, dr. Mery Afrita, dengan narasumber Kepala Dinkes Provinsi Riau dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Dumai.( Remon )




Baca Juga Topik #Advertorial+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ