Waduuh...Oknum Camat,Lurah Dan Kadus di Rohil Dilaporkan ke Bawaslu ! Ini Masalahnya

Jumat, 20 September 2024 - 17:25:23 WIB Cetak

Rohil -- Baru-baru ini, sejumlah ASN di Aparatur Kecamatan dan Aparatur Desa serta Perangkat Desa di Kabupaten Rohil dilaporkan ke Bawaslu terkait Pelanggaran netralitas dan dukungan ke salah satu pasangan calon bupati-wakil bupati jelang Pilkada 2024.

Hal itu dilakukan setelah dilaporkan oleh sejumlah masyarakat usai mendatangi serentak ke Kantor Bawaslu Rohil, Kamis (19/9), salah satunya pelapor bernama Fir (30) didampingi pengacaranya Andi Saputra, SH melaporkan Camat Kubu Babusallam yang diduga melakukan tindakan tidak netral. Kata Andi kepada wartawan, Jum'at 20 September 2024.

Andi menceritakan apa yang dilakukan Camat Kubu Babusallam berawal saat menghadiri kegiatan Silaturahi Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong bersama ketua TP.PKK Rokan Hilir Sanimar dengan masyarakat Kecamatan Kubu Babussalam. 

Dalam acara silaturahmi tersebut, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong berpidato dihadapan masyarakat yang hadir untuk meminta dukungan atau memenangkan suara di Pilkada 2024. Hal ini diperkuat dengan ungah video di Fb Alek Putra Nilam .

" Beberapa bukti sudah kita lampirkan kebawaslu, terkait terbukti atau tidak terbuktinya laporan yang disampaikan itu biarlah Pihak Bawaslu yang menjelaskan ". bebernya Andi.

Andi menambahkan, tujuan laporan ini , Kami ingin memberikan edukasi politik kepada masyarakat Kabupaten Rohil, bahwa aparatur sipil negara dilarang berpolitik praktis mendukung Paslon Bupati dan Wakil Bupati jelang Pilkada serentak 2024 karena strategi politik yang seperti ini sangat mencederai demokrasi.

Menariknya, Laporan yang disampaikan ke Bawaslu itu bukan cuma satu melainkan berjumlah tiga laporan yang serentak dilakukan, seperti serupa dilakukan oleh warga bernama Sur (38) didampingi kuasa Hukumnya Boy Mono Indra, SH melaporkan oknum Lurah Cempedak Rahuk kebawaslu rohil pasca oknum Lurah memberikan dukungan "Asset, lanjutkan. Asset, menang ..menang.. menang. dengan gerakan  jari jempol & jari telunjuk" di salah warung masyarakat cempedak rahuk.

Selanjutnya laporan warga bernama Jul H  dengan PH Pendamping Rani Stevani Girsang, SH melaporkan Syamsul Bahri selalu Kadus Pematang Punak, Kepenghuluan Ujung Tanjung kebawaslu terkait Kadus Pematang Punak, Kepenghuluan Ujung Tanjung bersama-sama masyarakat ujung tanjung, RT Kampung Tengah & RW Pematang Punak memberikan dukungan menyatakan "Asset, lanjutkan. Asset menang, menang, menang dengan gerakan jari jempol & jari telunjuk menunjukkan angka 2 atau lanjutkan 2 periode".

Terpisah,Ketua Bawaslu Rohil, Zubaidah melalui Nasrudin sebagai Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi saya dikonfirmasi awak media terkait sejumlah warga melaporkan terkait pelanggaran netralitas ASN dan pelanggaran pemilu atas dukungan ke salah satu pasangan calon langsung membenarkan adanya laporan tersebut.

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ