Kali Wates Diduga Dicemari Limbah dari PKS PTPN III Labusel

Rabu, 15 Juni 2022 - 13:29:22 WIB Cetak

Ket Poto:Warga terlihat sedih menyaksikan sungai yang tercemar limbah.

LABUSEL - Tidak hanya berdampak terhadap masyarakat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) Provinsi Sumatera Utara juga merasakan dampak pencemaran di Kali Wates, sungai pembatasan dua kabupaten tersebut.Rabu(15/06)

Warga Dusun Bagan Sari Desa Sei Meranti Kecamatan Torgamba Kabupaten Labusel, Anto menduga limbah di Kali Wates berasal dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PTPN III yang berdiri di Labusel.

"Ada 3 PKS milik PTPN III yang berdekatan dengan hulu yakni PKS Sei Daun, Sei Baruhur dan Torgamba," ungkap Anto lugas.

Dijelaskannya, hampir sepekan ini aroma limbah PKS di Kali Wates itu juga tercium di kediamannya yang tidak jauh dari aliran sungai.

Masyarakat yang hobi memancing pun harus gigit jari lantaran beberapa tahun belakangan ini tidak bisa lagi memancing di sepanjang aliran.

"Bagaimana mau memancing, ikan yang masih bertahan hanya ikan sapu-sapu dan kabarnya pun ada yang mati diduga karena limbah," tukasnya.

Anto juga mengaku akan mengumpulkan masyarakat baik dari Dusun Bagan Sari Desa Sei Meranti maupun masyarakat Bagan Batu dan Bahtera Makmur Kota Kecamatan Bagan Sinembah untuk melaporkan pencemaran lingkungan itu ke Polres Labuhanbatu.

"Bila perlu melaporkan kejadian itu juga ke Polres Rokan Hilir, sebab wilayah Kabupaten Rokan Hilir juga terdampak," ujarnya kesal.

Diketahui, dari UU nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, perusahaan bisa terancam pidana kurungan dan denda.

Dalam pasal 98 ayat (1) menyebutkan setiap orang yang dengan sengaja melakukan perbuatan yang mengakibatkan dilampauinya baku mutu udara ambien, baku mutu air, baku mutu air laut atau kriteria baku kerusakan lingkungan hidup, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 10 tahun dan denda paling sedikit Rp. 3 miliar.(Rls/Ndri)

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ