Bupati dan Wabup Rohil Hadiri Rakornas di Bali Instruksi Presiden RI Jokowi 

Jumat, 25 Maret 2022 - 22:33:55 WIB Cetak

MOMENRIAU.COM(BALI) – Bupati Kabupaten Rokan Hilir Afrizal Sintong S.IP didampingi Wakil Bupati Sulaiman SS MH beserta staf menghadiri arahan dari Presiden RI Joko Widodo yang telah menginstruksikan kepada seluruh Kementrian, Institusi pemerintahan serta Kepala Daerah Pemprov dan Kabupaten/Kota untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Pemanfaatan Produk Dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Ballroom Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Jum’at (25 Maret 2022).

Kemenkomarvest melalui Biro Persidangan Istana telah mengkoordinir para peserta berjumlah hampir 600an peserta yang hadir terdiri dari Kementerian dan Lembaga seperti dari Kementrian PUPR, Kemenpatekraf, Kementrian Pertahanan, Kapolri, Kemenkes, Kemdikbudristek, Kemenhub, Kemenag, Kemenkominfo.

Kementrian Keuangan, Kementan RI, Kemenperin, Kemen BUMN, Bappenas RI, Jaksa Agung, Kemendagri, Kepala BPKP, Ketua BPK RI, Kepala LKPP, Panglima TNI serta empat Menteri Kordinator seperti Menkomarves, Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkopolhukam RI.

Kepala Daerah tingkat Provinsi berjumlah 34 Gubernur, Pemerintah Kabupaten/Kota berjumlah 514 Kepala Daerah, peserta dari BUMN seperti Inalum, BRI, Telkom, Wika, Pelindo, Pupuk Indonesia, Pertamina, PLN, PTPN 3 dan sebagainya.

Acara hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dikemas dalam “Business Matching” ini berlangsung dari Tanggal 22-25 Maret 2022.

Pemerintah optimistis, dari potensi belanja pemerintah pusat dan daerah yang mencapai Rp. 1.071,4 Triliun, sebesar Rp. 400 Triliun, di antaranya akan diserap melalui komitmen belanja produk-produk dalam negeri sepanjang Tahun 2022.

Selaras dalam penyelenggaraan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali pada 22-24 Maret 2022 lalu, mendapatkan repson yang sangat positif.

Capaian komitmen sebesar Rp. 214,1 Triliun dalam waktu tiga hari, selama pelaksanaan Business Matching Belanja ini pun dicatat Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai transaksi terbesar belanja produk dalam negeri selama tiga hari.

Presiden RI Joko Widodo juga mengharapkan, Pemerintah Daerah memanfaatkan Katalog Elektronik (e-katalog) yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk belanja barang Produk Dalam Negeri atau PDN.

Bupati Afrizal Sintong S.IP didampingi Wabup H. Sulaiman beserta Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin pada RAKORNAS ini telah menyampaikan komentarnya kepada Awak Media.

“Acara RAKORNAS Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia sesuai arahan Presiden RI Bapak Joko Widodo bahwa Pemda Rohil akan berkomitmen dalam menggunakan produk dalam Negeri, dan ini telah jauh hari telah kita lakukan dari berbagai sektor di Kabupaten Rokan Hilir ini,” ungkap Afrizal Sintong.

“Selanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hilir sebagaimana Kabupaten lainnya akan berkomitmen memakai Produk Dalam Negeri, dengan melibatkan Satuan Kerja terkait seperti LPSE setda, Dinas Perindagsar Rokan Hilir serta lainnya,” Kata Bupati Rohil.

”Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bisa lebih meningkatkan eksistensi produk lokal, hingga bisa lebih menyemangatkan pelaku usaha khususnya di Rokan Hilir yang sama kita cintai ini,” Harap Bupati Rohil.

Acara ini dilaksanakan oleh, Kemenkomarves sebagai teknis acara dan Kemenparekraf sebagai sponsor kegiatan.

Pejabat Pemkab Rohil yang ikut hadir mendampingi Afrizal Sintong S.IP yaitu Kadis Perindagsar Firdaus, Kabag LPSE Andre, Kabag Protokol Mardhiah, Kabid Bappeda Aulia, Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin. (Red)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ