BAGANSIAPIAPI- (MOMENRIAU.COM). Sekitar jam 11.00 WIB Bupati Rohil H. Suyatno beserta rombongan mengunjungi kebun kencur di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi, tepatnya di jalan Poniman ujung. Lahan yg sudah tertanam sekitar 5 Ha cukup mencuri perhatian

Bupati : Petani Kencur membawa makmur di Sei Nyamuk

Rabu, 24 April 2019 - 00:24:47 WIB Cetak

Bupati Rokan Hilir Suyatno foto bersama petani kencur desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi

BAGANSIAPIAPI- (MOMENRIAU.COM). Sekitar jam 11.00 WIB Bupati Rohil H. Suyatno beserta rombongan mengunjungi kebun kencur di Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sinaboi, tepatnya di jalan Poniman ujung. Lahan yg sudah tertanam sekitar 5 Ha cukup mencuri perhatian nya. Bupati sangat antusias serta memberikan  apresiasi pada petani yang kreatif dengan bercocok tanam tumpang sari menanam kencur di sela sela kebun sawitnya. 

"Dapat di bayangkan saja, jika di Rohil semakin banyak petani kreatif, menanam beragam tanaman lainnya di sela sela pohon sawit yang belum besar seperti tanaman kencur yang kita lihat saat ini, insya  Allah Rohil kedepannya masyarakat bertambah makmur," ujarnya disela kunjungan.

Saat berteduh di bawah pohon besar yang tumbuh di sekitaran kebun kencur dari terik matahari, didampingi petani, Camat sinaboi, 2 Datuk Penghulu Raja Bejamu dan Sungai nyamuk,  orang nomor satu di Rokan Hilir ini pun memandang  lepas ke areal tanaman kencur yg di perkirakan 2 bulan sudah dapat di panen dengan hasil di perkirakan puluhan ton. 

"Ini salah satu contoh  Rohil kaya akan alam dan  sangat subur tanahnya," imbuhnya.

 Di sela sela berteduh bareng masyarakat ada yang mengusulkan akan perbaikan dan pembangunan jalan menuju komplek perumahan dan kebun mereka, sebab sepanjang  jalan Poniman menuju kebun tersebut banyak rumah pemukiman serta penduduknya dan jaringan listrik  belum terjangkau.

"Dalam waktu dekat akan kita tindak lanjuti,"tutupnya. 

Perlu kita ketahui, petani kencur  dengan luas tanah cukup ukuran 30 x 30 M dengan masa waktu 9 bulan panen diperkirakan menghasilkan 1 ton. Harga jual 1 kg saat ini Rp. 29.000 jadi 
1.000 Kq x Rp. 29.000 = Rp. 29.000.000. Sebelum panen sudah ada tunas untuk  ditanam pasca panen. Ayo menanam kencur,  keunggulannya tanah tak perlu luas, cukup memanfaatkan lahan di sekitaran kita dapat menambah pendapatan keluarga.

Reporter : Dian puspa




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ