Pleno KPU Kepulauan Meranti, Pasangan Adil-Asmar Raih Suara Tertinggi

Kamis, 17 Desember 2020 - 09:49:09 WIB Cetak

SELATPANJANG ---  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepulauan Meranti tahun 2020 pada Rabu (16/12).

Dihadiri seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 9 kecamatan yang ada di Kepulauan Meranti. Rapat digelar mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir hingga jam 20.00 WIB yang dijaga ketat oleh personel dari Polres Kepulauan Meranti dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Meranti pun turut hadir melakukan pengawasan. Saksi-saksi dari empat pasangan calon (paslon) juga turut hadir selama pleno. 

Namun setelah satu jam rapat dimulai saksi paslon nomor 3 meninggalkan ruangan tanpa alasan, sementara saksi yang lainnya mengikuti sampai selesai. 

" Untuk penetapan perolehan suara sekitar pukul 20:10 WIB setelah semua administrasi diselesaikan," kata Ketua KPU Kepulauan Meranti, Abu Hamid, Rabu (16/12). 

Selama pemaparan dari masing-masing PPK, hampir tidak ada sanggahan atau perubahan terhadap hasil pleno yang disepakati pada tingkat kecamatan. Hanya saja ada beberapa masukan dari Bawaslu Kepulauan Meranti terkait perpindahan pemilih serta data pemilih yang ada di desa maupun kecamatan. 

Selain itu dari Kecamatan Rangsang tidak membawa salinan C hasil KWK sehingga Bawaslu merekomendasikan untuk membuka kotak suara di 5 desa yang di Kecamatan Rangsang. 

Setelah dibuka ditemukannya isi dari kotak suara tersebut tidak sesuai dengan nomor kotak suara. Selain itu Bawaslu juga memberikan catatan khusus dibeberapa kecamatan. 

Abdul Hamid mengatakan, bahwa berdasarkan hasil penghitungan suara, maka paslon nomor urut 1, yakni H Muhammad Adil - H Asmar meraih suara tertinggi dibandingkan dengan paslon lainnya. 

Adapun rincian perolehan suara Pilkada Kepulauan Meranti,  paslon nomor urut 1, H Muhammad Adil - H Asmar meraih 37116 suara, paslon nomor urut 2, Heri Saputra - Muhammad Khozin 18095 suara,  Paslon nomor urut 3, Mahmuzin Taher memperoleh 22008 suara dan paslon nomor urut 4, Said Hasyim - Abdul Rauf memperoleh 18769 suara. (rilis)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ