Respon Positif Dari Warga Bagan Batu Aksi Donor Darah Bersama PMI Kabupaten Rokan Hilir Melebihi Target

Senin, 11 Mei 2020 - 00:59:03 WIB Cetak

photo:Andri

BAGANBATU- Comunitas Peduli Covid-19 dan Projo Rokan Hilir, Persatuan Donor Darah Indonesia (PDDI) ,Lion Group,Vihara Budha Darma Bagan Batu, juga anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir dari Fraksi PDI Perjuangan, Maria Tambunan,gandeng Palang merah Indonesia gelar donor darah di Cafe Nostalgia Komplek Usaha Baru untuk membantu ketersedian darah PMI Rohil.minggu (10/05) kemarin.

Ketua Projo Kabupaten Rokan Hilir,Rusberia Purba, yang juga sebagai ketua Comunitas Peduli Covid-19 menyebutkan Aksi dinor darah yang digelar di Cafe Nostalgia Komplek Usaha Baru Bagan Batu di ikuti 78 peserta donor dari berbagai masyarakat.

"Donor darah ini merupakan kepedulian Kami masyarakat untuk merespon kekurangan stok darah PMI,sehinga dapat digunakan oleh pasien-pasien dirumah sakit juga termasuk para pasuen Covid-19, sebagai masyarakat kami bahu membahu untuk membantu dalam situasi sulit saat ini," Ucap Rusberia Purba.

Dijelaskan Rusberia Purba,selain aksi donor darah Projo Rokan Hilir bersama dengan Comunitas Peduli Covid-19 juga telah melakukan rangkaian aksi sosial yaitu menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Serta pembagian masker juga penyemprotan disinfektan diperumahan dan fasilitas lain dan cek kesehatan secara gratis.

"Selain kegiatan sosial kita juga senantiasa melakukan kampanye untuk bersama-sama melakukan gerakan memutus mata rantai penyebaran covid-19 yaitu cuci tangan dan tetap gunakan masker serta terapkan physical distancing," tegasnya.

Dilanjutkan kembali"Seperti halnya saat ini ditengah wabah pandemi corona yang bertepatan pula dengan bulan suci ramadhan kita comunitas pedulu covid-19 akan ikut berbagi kebahagian dengan membagikan 1000 bungkus bukaan puasa yang akan kita beli dari pedagang kaki lima,"Jelas Rusberia.

Sementara Perwakilan Dari Vihara Budha Darma Bagan Batu, Siswaja Muljadi kepada kepada awak media, dirinya sangat senang semangkin hari kepedulian masyarakat terhadap pentingnya mendonorkan darah semangkin banyak seperti halnya saat ini mencapai 75 kantung darah dari 75 orang.

"Luar biasa antusias masyarakat bagan batu yang ingin mendonorkan darahnya sangat banyak berarti dapat kita lihat kesadaran akan pentingnya donor darah itu sudah mulai tunbuh selain mendapat nilai kebajikan juga baik untuk kesehatan, karena orang yang rutin donor darah itu sangat jauh dari penyakit jantung,"Katanya.

Dilanjutkan,"kenapa aksi gerakan donor darah ini harus digalakan karena selain si pendonor akan mengetahui apa golongan darahnya sendiri dan kita ikut andil menyelamatkan orang lain bukan hanya menyelamatkan orang Bagan Sinembah saja tetapi satu Kabupaten Rokan Hilir karena kita berkerja sama dengan PMI Kabupaten Rokan Hilir, tetap dengan standart yang ditentukan pemerintah Physical distancing juga tetap mengunakan masker," Ucapnya

Tokoh Masyarakat Bagan Batu yang akrab di sapa bang Aseng ini menerangkan," ini adalah agenda rutin dari kami dan kedepanya dengan data data tersebut kita akan buat group donor darah sehinga disaat ada keluarga kita maupun siapapun yang membutuhkan darah dapat saling berbagi informasi,"Pungkasnya.(Ndri)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ