Terawih Keliling Mesjid Ke Mesjid ! Bupati INHU Dikritik Tokoh Masyarakat

Senin, 04 Mei 2020 - 11:19:05 WIB Cetak

INHU (Momeriau.com) - Tokoh Masyarakat (Tomas) Muhammad Syafaat SHI mengkritik Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto yang masih melakukan kegiatan tarawih keliling masjid ke masjid di sejumlah wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) saat di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Muhammad Syafaat, kegiatan tarawih keliling yang digelar Bupati tidak sesuai dengan protokol penanganan covid-19. Kegiatan tarawih keliling tersebut justru dianggap berpotensi membuat masjid membludak oleh jamaah.Sehingga, upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 melalui pembatasan sosial tidak akan berjalan efektif.

"Kepala daerah kan pejabat publik. Kalau kepala daerah datang, sudah pasti warga juga ramai yang datang. Apalagi disertai dengan buka puasa bersama. Padahal, sesuai Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), pelaksanaan shalat tarawih diwilayah- wilayah terkendali atau zona hijau diperbolehkan dengan sejumlah catatan. Salah satunya pembatasan jumlah jamaah," ujarnya kepada awak media. Senin 4 Mei 2020.

Muhammad Syafaat menyampaikan, selaku Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Inhu, bupati seharusnya memperhatikan kebijakan pemerintah pusat dan mencerminkan sinergitas yang mesti dibangun dalam penanganan covid-19 ini. Padahal, bupati menjadi 'leader' dalam upaya menghentikan wabah seharusnya menjadi contoh," sebut Syafaat 

Ditambahkannya, peran pemerintah daerah sangat penting dalam menangani penyebaran virus covid-19 supaya tidak semakin meluas dan untuk memutus rantai penyebarannya, baik kordinasi dan pengawasan harus selalu di lakukan sehingga Covid-19 bisa segera berakhir. Saya harap semua patuh agar wabah ini segera hilang dan semua lini bisa pulih seperti sedia kala dan kita juga bisa beribadah secara normal kembali," pungkasnya. (Tim) Rilis.




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ