Pemkab Rohil Realisasikan Pembangunan Jalan Dan Jembatan Termasuk Pengembangan Destinasi Pariwisata Toluk Gong

Ahad, 29 Maret 2020 - 15:38:04 WIB Cetak

Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno Amp melakukan peninjauan pembangunan jalan di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ketika di jumpai wartawan Senin (6/4/2020) sekira pukul 10.00 Wib pagi tadi.

," Padahari ini saya bersama rekan-rekan dari Dinas PU turun langsung untuk meninjau proses pekerjaan pembangunan jalan simpang 200," kata Bupati Rohil H Suyatno.

Bupati juga didampingi oleh Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUTR Rohil Raja Yulistia.
H Suyatno lebih lanjut mengatakan proses pembangunan jalan itu beberapa hari tertunda dikarenakan musim hujan.

Namun tergendalanya pekerjaan karena cuaca yang tidak bersahabat karena hujan mengguyur Kota Bagansiapiapi dalam beberapa hari ini.

,"Alhamdulillah saat ini sedang dilanjutkan proses pekerjaannya," terang Suyatno lagi.

Menurut Suyatno masyarakat yang tinggal di kampung merah putih parit aman sudah lama menginginkan pembangunan jalan tersebut, akan tetapi baru tahun ini tercapai proses pembangunan jalan yang didambakan oleh masyarakat setempat.

Tadi bersama rekan-rekan di lapangan satu hari dia bisa mencapai 500 meter, nah targetnya sebenarnya dua minggu selesai tuntas ini pekerjaanya, tapi karena terkendala hujan ada keterlambatan," katanya Suyatno.

Tak hanya itu, Bupati Rohil mengajak masyarakat yang tinggal di kampung merah putih parit aman itu untuk bersama-sama membantu dalam rangka memacu ketertinggalan program pemerintah daerah.

Bupati Rohi H. Suyatno Menuju Lokasi Jalan Lintas Bagansiapiapi - Sinaboi Yang Akan Dibangun Di Kepenghuluan Parit Aman 

Bupati Rohi H. Suyatno Menuju Lokasi Jalan Lintas Bagansiapiapi - Sinaboi Yang Akan Dibangun Di Kepenghuluan Parit Aman


," Alhamdulillah secara bertahap sudah cukup bagus, dan setelah jalan jadi nanti ayo sama-sama kita menjaga dan melihat perkembangan jalannya seperti apa," terangnya.

Sebut Suyatno lebih jauh, dirinya yakin kampung merah putih parit aman ini sangat banyak sekali kegiatan yang bersifat sosial ke masyarakatannya.

," Ini yang kita harapkan sepertinya masyarakatnya kompak penuh dengan kekeluargaan," pungkas Suyatno.

Pembangunan Destinasi Pariwisata Toluk Gong 

Destinasi wisata dimaksud berbasiskan pada aspek historis sekaligus memiliki local content yang diharapkan dapat menghadirkan sebuah pilihan baru untuk pariwisata yang ada di daerah Rokan Hilir (Rohil).

Wisata Toluk Gong, mulai dicanangkan pemerintah kabupaten Rohil seiring dengan hadirnya Bupati Rohil H Suyatno AMp bersama Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Rohil Rasyid Abizar disertai sejumlah tokoh adat, tokoh agama, pemangku kepentingan menghadiri digelarnya kembali peringatan an peristiwapenting yang membuat lahirnya nama wilayah yang disebut sebagai Teluk Gong itu.

Peristiwa yang penting yang bisa diangkat berupa kisah singgahnya rombongan raja Pekaitan, yang berujung pada upaya pemerintah maupun perangkat kecamatan, kepenghuluan agar aspek sejarah yang ada tidak dilupakan begitu saja oleh generasi penerus.

Lewat pengembangan destinasi wisata maka daerah itu diharapkan akan banyak dikunjungi, yang memberikan kebaikan untuk sektor perekonomian masyarakat, perbaikan infrastruktur disisi lain akan dapat mempertahankan kearifan, budaya lokal dan membuat generasi muda tidak kehilangan jati diri mengenai sejarah dari para pendahulu mereka sebelumnya.

Bupati Rohil H Suyatno AMp menegaskan untuk langkah awal sebagai bentuk komitmen terhadap pengembangan destinasi wisata itu adalah membangun akses jalan yang baik dan layak sehingga mempermudahkan aksesibilitas orang yang akan hadir.

Pembangunan akses jalan ke lokasi wisata religi Teluk Gong di Kepenghuluan Raja Bejamu akan dilaksanakan pada tahun ini. Hal itu dikatakan Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp disela menghadiri kegiatan penyerahan sembako di Kecamatan Sinaboi, Senin (20/4) kemarin.

"Untuk wisata teluk gong yang telah diresmikan itu, akan dimasukkan infrastruktur pembangunan jalan masuk," kata bupati. Menurutnya akses jalan masuk sangat penting dilaksanakan mengingat wisata tersebut cukup ramai didatangi oleh masyarakat.

Sebagai gambaran untuk kegiatan yang pertama dilaksanakan yang dihadiri bupati beberapa waktu lalu, kegiatan itu dihadiri ratusan masyarakat baik yang merupakan warga setempat maupun dari daerah terdekat dari kepenghuluan bahkan dari kecamatan lainnya.

Pemda Rohil kata bupati tetap memberikan perhatian pada pembangunan lokasi wisata tersebut, pasalnya sangat menjanjikan untuk dikembangkan. Disamping dari keberadaan obyek wisata lain yang ada di daerah.

Hanya saja terangnya ditengah kondisi yang terjadi berupa wabah Covid19, maka untuk pelaksanaan kegiatan berkaitan dengan pariwisata tidak bisa dilaksanakan. Namun untuk pembangunan infrastruktur yang diperlukan guna memperkuat keberadaan obyek wisata tetap bisa dilaksanakan.

"Selain dari pembangunan akses jalan ke arah lokasi wisata Teluk Gong itu, nantinya dari dispora juga ada untuk pembangunan fasilitas yang diperlukan, namun masih belum bisa dipastikan apakah bisa dilaksanakan pada saat ini atau tidak karena kondisi yang terjadi. Tapi untuk akses jalan masuk tersebut tahun ini saya harapkan dapat terlaksana," kata bupati.(ADV/RED)

 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ