Program Pendidikan Riau Unggul Berbasis AI Dan Pergub Wajib Belajar 12 Tahun Resmi Diluncurkan

Kamis, 05 Oktober 2023 - 23:00:00 WIB Cetak

Pendidikan Riau Unggul berbasis Artificial Intellegence (AI) dan Peraturan Gubernur (Pergub) Riau Nomor 26 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Wajib Belajar Pada Satuan Pendidikan Menengah resmi diluncurkan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar

MR.com (Pekanbaru) - Program Pendidikan Riau Unggul berbasis Artificial Intellegence (AI) dan Peraturan Gubernur (Pergub) Riau Nomor 26 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Wajib Belajar Pada Satuan Pendidikan Menengah resmi diluncurkan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar di Gedung Daerah Balai Serindit, Kamis (5/10/2023). 

AI yang dikenal dengan kecerdasan buatan menjadi media cerdas, bertransformasi dari pembelajaran konvensional akhirnya membuat siswa belajar secara mandiri, namun tetap dalam pengawasan guru secara online dan otomatis. 

Keunggulan AI diterapkan dalam pembelajaran adalah konten dalam sistem AI yang dibangun  terdiri dari bahan ajar, termasuk soal-soal latihan berbobot, telah disusun melalui standarisasi oleh guru-guru inti yang berpengalaman, termasuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya Melayu kedalam materi pembelajaran. 

Melalui AI, siswa dapat belajar dengan santai ditempat-tempat yang diinginkan, seperti di taman, kafe, rumah, mengerjakan tugas bersama teman, hingga mengulang latihan soal. 

Tidak hanya mengetahui pengetahuan siswa secara otomati, AI juga dapat menilai karakter siswa, seperti kejujuran, tanggung jawab, hingga kemandirian. 

"Semoga dengan adanya progaram pendidikan berbasis AI ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh anak Riau dengan baik," ujar Gubri. 

Dengan telah dilaunchingnya Program Pendidikan Riau Unggul berbasis AI, Syamsuar berharap seluruh siswa Riau bisa mempelajari, menguasai, ataupun memahaminya. Sebab menurutnya, di era teknologi informasi saat ini, AI merupakan bekal yang harus dimiliki siswa Riau untuk menghadapi tantangan teknologi. 

"Kemajuan teknologi informasi adalah masa depan, makanya tidak bisa tidak, kalian (siswa) harus bisa menguasai AI, baik siswa yang ada di Kota Pekanbaru maupun daerah lainnya di Riau, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta," imbuhnya. 




Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ