HUT Ke-239 Pekanbaru Kota Bertuah, Pj.Walikota Paparkan Capaian Program Kerja

Jumat, 23 Juni 2023 - 20:30:00 WIB Cetak

Pj.Walikota Pekanbaru Muflihun, pimpin apel HUT Kota Pekanbaru ke-239

MR.com (Pekanbaru) - Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun memaparkan pencapaian program kerja satu tahun terakhir. Hal ini diungkapkan dalam upacara HUT ke-239 Pekanbaru di lapangan Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, Jumat (23/6).

                              

"Memperingati HUT ke-239 Pekanbaru adalah salah satu cara kita mensyukuri nikmati dan kesempatan yang diberikan Tuhan untuk mengabdi kepada masyarakat Pekanbaru. Pekanbaru telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, terutama di bidang perekonomian dan infrastruktur," kata Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun dalam pidatonya.

Visi kota Pekanbaru adalah pedoman penentuan arah pembangunan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005 hingga 2025. Hal ini guna mewujudkan Pekanbaru sebagai kota perdagangan, jasa, dan pendidikan Melayu.

                              

"Selama satu tahun ke depan, saya kembali diberi amanah sebagai Pj Wali Kota. Kali ini, saya mengusung tema Pekanbaru Bergerak, Tumbuh, dan Bermarwah," ujar Muflihun.

Bergerak artinya, masyarakat Pekanbaru yang terus bergerak maju dan meraih peningkatan dalam semua aspek yang ada. Tumbuh, artinya Kota Pekanbaru yang terus tumbuh berkembang dalam aspek ekonomi, pembangunan, dan penduduk. Bermarwah artinya, Kota Pekanbaru memiliki makna bermartabat, sebuah kehormatan, keunggulan yang sesuai dengan tujuan kota.

"Selama periode kepimpinan sebagai Pj Wali Kota, saya bersama-sama dengan seluruh komponen yang ada dan dengan semangat gotong-royong dalam membangun kota. Secara perlahan, Pekanbaru telah berbenah dan tumbuh," ungkap Muflihun.

Pembangunan yang telah dilaksanakan telah menghasilkan beberapa kemajuan yang ditandai oleh capaian indikator makro pembangunan baik secara ekonomi maupun sosial. Pada kesempatan ini, perlu disampaikan beberapa capaian kinerja penyelenggaraan pembangunan makro pembangunan Kota Pekanbaru.

                               

Pada 2020, pertumbuhan ekonomi Pekanbaru mengalami kontraksi sebesar -4,38 persen akibat pandemi Covid-19. Namun pada 2021, angka pertumbuhan ekonomi sebesar 5,24 persen.

Pada 2022, angka pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi 6,78 persen. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada 2022 sebesar 82,06. Angka ini meningkat dibandingkan IPM 2021 yakni 81,58. IPM Pekanbaru lebih tinggi dibandingkan IPM Riau sebesar 73,52.

Angka kemiskinan Kota Pekanbaru secara bertahap sudah mulai menurun. Angka kemiskinan dari 3,06 persen pada 2021 menjadi 2,83 persen pada 2022.

Tingkat pengangguran terbuka Kota Pekanbaru pada 2022 sebesar 6,42 persen mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2021 yakni 8,29 persen. GINI rasio Kota Pekanbaru tahun 2022 sebesar 0,397. Terjadi peningkatan jika dibandingkan tahun 2021 sebesar 0,391.

Angka harapan hidup Kota Pekanbaru berhasil ditingkatkan dari 72,41 persen pada 2021 menjadi 72,70 persen pada 2022. Hal ini disebabkan karena semakin membaiknya pelayanan serta sarana prasarana kesehatan.

"Sehingga, menjadikan Pekanbaru sebagai kota harapan hidup tertinggi di Provinsi Riau. Angka harapan lama sekolah juga berhasil ditingkatkan dari 15,55 persen pada 2021 menjadi 15,56 persen pada 2022. Hal ini menjadikan Pekanbaru dengan angka harapan lama sekolah tertinggi di Riau," urai Muflihun.

Investasi Dalam Negeri (PMDN) Pekanbaru dalam kurun waktu dua tahun terakhir mengalami peningkatan sebesar 5,463 persen. Angka ini sangat menggembirakan di tengah pandemi Covid-19 yang menghantam berbagai sektor kehidupan masyarakat dan negara

Pemerintah telah berupaya untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat sebagaimana yang telah direncanakan melalui rencana pembangunan daerah dan rencana kerja pemerintah. Pada dasarnya, rencana itu bertujuan memberikan pelayanan yang terbaik.

"Karena, kami menyadari bahwa pelayanan yang baik adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat," tutur Muflihun.

Selain program dan kegiatan yang ada pada rencana pembangunan daerah dan rencana kerja pemerintah daerah, terdapat beberapa permasalahan dasar yang perlu segera diatasi. Hal ini perlu kerja keras bersama.

"Untuk melaksanakan percepatan dalam mengatasi permasalahan dimaksud, terdapat upaya kami melalui enam fokus agenda prioritas yang menjadi atensi untuk segera dituntaskan sebagaimana semangat yang tergambar pada Tagline Pekanbaru Bergerak," jelas Muflihun.

Pertama, percepatan perbaikan dan pemeliharaan infrastruktur jalan, sungai, dan drainase. Kedua, pemberian beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu.

Ketiga, pemberian subsidi bunga kepada pelaku UMKM. Keempat, layanan kesehatan 24 jam atau Doctor On Call. Kelima, pemberian bantuan santunan kematian. Keenam, penanganan sampah.

Pemko Pekanbaru terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagaimana arahan Presiden RI yakni Birokrat Melayani. Arahan Presiden itu antara lain, percepatan penanganan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting, dan pengendalian harga (inflasi). 
 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ