Gelar Jambore PKK Tahun 2023, Camat Pekanbaru Kota:Ini Agenda Rutin Dan Ajang Evaluasi Bagi Kader

Rabu, 21 Juni 2023 - 20:00:00 WIB Cetak

PJ.Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Muflihun, bersama undangan melepaskan balon ke udara

MR.Com (Pekanbaru) - Kecamatan Pekanbaru Kota jajaran Pemerintah Kota Pekanbaru, gelar Jambore PKK Tahun 2023,   pada Rabu (21/06/2023) bertempat di Halaman Gedung Radio Republik Indonesia Jalan Sudirman Pekanbaru.

                               

Acara yang mengangkat tema, "Pekanbaru Bergerak, Pekanbaru Tumbuh dan Pekanbaru Bermarwah".

Diawali dengan parade, yang diikuti oleh Enam Kelurahan jajaran Kecamatan Pekanbaru Kota, dengan iringan Marching Band dari SD Muhammadiyah, yang berada pada barisan terdepan sekali.

                                   

Selanjutnya Jambore PKK Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota Tahun 2023, dibuka secara resmi oleh Pj.Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Mustafa Muflihun, didampingi oleh Asisten 1 Bidang Kesra Maskur Tarmizi , Camat Pekanbaru Kota Rein Rizka Karvy , Forkopincam, Para Lurah, LPM, Para Babinkamtibmas, Para Babinsa dan Kader PKK se Kecamatan Pekanbaru Kota,  yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara.

                               

Pj.Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Muflihun, mengapresiasi Jambore PKK Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota.

                             

"Sangat meriah ya, kader kadernya semangat dan ceria, yang ikut lombapun cantik cantik, bila dilihat dari 5 Kecamatan yang sudah melaksanakan Jambore," katanya.

                                 

Ia juga menerangkan, untuk Jambore Tingkat Kota Pekanbaru, Dewan 
Juri akan menilai lebih detil lagi, dengan harapan agar pemenangnya nanti benar benar memiliki kemampuan dan berkwalitas sesuai standar yang diharapkan.

                                

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Masykur Tarmizi, menyampaikan permohonan maaf Bapak Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, yang berhalangan  hadir karena beliau Dinas Luar Kota

                               

Lebih lanjut ia berharap kegiatan Jambore ini tidak hanya sekedar kegiatan perlombaan atau serimonial saja, akan tetapi dapat menjadi ajang kebersamaan, mempererat silaturahmi, dan menambah wawasan pengetahuan untuk meningkatkan kreatifitas dan yang terpenting dapat memberikan motivasi ibu – ibu kader PKK di Kecamatan Pekanbaru Kota seklaigus dapat meningkatkan kinerja untuk mencapai kesejahteraan keluarga," harapnya.

                               

"Pemerintah Kota Pekanbaru, sangat yakin dan percaya bahwa PKK Kota Pekanbaru di bawah kepemimpinan Ibu Raja Rilla Mustafa, bisa membawa PKK ini lebih baik lagi dan yang terpenting ibu-ibu kader PKK dapat membantu Pemerintah untuk sama-sama meningkatkan kesejahteraan keluarga yang ada di Kota Pekanbaru, Pemerintah juga mengingatkan kembali bagi ibu-ibu kader, tidak hanya sekedar bisa menjalankan 10 program pokok PKK saja, namun juga tidak melalaikan tugas utamanya yakni bagaimana menjadi seorang ibu dan istri yang seutuhnya bagi anak – anak dan suaminya, karena didalam 10 program pokok PKK sudah dijelaskan  peran seorang ibu didalam keluarga, jadi tidak perlulah saya ajari lagi, karena ibu – ibu kader sudah jago – jago semua apalagi sudah setiap tahun kita gelarJambore untuk 10 program pokok PKK," tambahnya.

Selain itu ia mengajak ibu – ibu kader PKK untuk selalu mengawasi saat anak mereka berada diluar rumah dan  begitu juga saat memperggunakan Handphone, perlu di ingat kurangnya pengawasan orang tua terhadap anaknya bisa berakibat buruk kepada anak.

                             

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini di Pekanbaru lagi viral isu adanya WhattAspp Group LGBT anak SD, meski isu ini tidak benar namun pak Pj Walikota sudah perintahkan Kadis Pendidikan Kota Pekanbaru, melakukan cros cek ke seluruh SD di Pekanbaru.Terkait LGBT ini perlu sinergi dengan kolaborasi baik Pemerintah,  Polri dan TNI serta seluruh elemen masyarakat untuk mengawasinya,  tak ketinggalan Pemerintah berharap banyak kepada ibu – ibu kader PKK, sesibuk apapun kegiatan diluar rumah, usahakanlah sebisa mungkin luangkan waktu untuk berinteraksi dengan anak.

Ia paparkan, keinginan Pemko Pekanbaru untuk sinergikan 10 program pokok PKK dengan program startegis yang diusung Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah terkait dengan UMKM untuk memajukan ekonomi daerah.

"UMKM merupakan salah satu motor penggerak ekonomi di Pekanbaru, salah satu upaya yang dilakukan Pemko Pekanbaru di Tahun 2023 ini dengan  menyiapkan gerai UMKM saat ini baru tahap tender.Diharapkan tahun ini sudah selesai dan pada tahun 2024 sudah bisa digunakan untuk  banyak program – program lainnya seperti pemberian kredit subsidi bunga bagi para pelaku UMKM,  ini merupakan salah satu   program unggulan di pemerintah Kota Pekanbaru,”paparnya.

Untuk Program Prioritas, sambung Maskur Pemerintah Kota Pekanbaru telah merencanakan berbagai kegiatan strategis di Tahun 2023, diantaranya, pemberian honor posyandu full 12 bulan. Pemberian honor PPKBD, sub PPKBD dan KKB RT. Penambahan honor RT/ RW sebesar 100 ribu dan full 12 bulan.

Pemberian bantuan kredit subsidi bunga bagi para pelaku UMKM dan UP2K. Pemberian beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Pemberian santunan kematian sebesar 1 juta rupiah. Pemberian makan gratis kepada warga masyarakat kurang mampu. Pemberian insentif bagi 1.264 Guru Tahfiz. Pelayanan kesehatan langsung ke rumah warga.

"Kemudian khusus UMKM di Disperindag Pekanbaru, ada kegiatan untuk packaging secara gratis dan ini bisa membantu  para pelaku UMKM atau ibu – ibu UP2K yang ada di Kelurahan, yang selama terkendala untuk packag produknya sudah disiapkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan ini secara gratis,” terang Maskur.

Camat Pekanbaru Kota Rein Rizka Karvy,  Jambore PKK Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota Tahun 2023  memperlombakan Enam Cabang yakni lomba Yel Yel, Penyuluhan, Bazar UP2K, Senam Pekanbaru, Mars PKK dan Fashion Show.

"Terima kasih kami ucapkan kepada Pj.Ketua PKK Kota Pekanbaru, Ibu Raja Rilla Mustafa Muflihun, Pj. Walikota yang diwakili oleh Pak Asisten Pemerintah dan Kesra Maskur Tarmizi, yang telah bersedia hadir  sekaligus membuka dengan resmi Jambore PKK Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota Tahun 2023, serta semua undangan yang hadir saat ini, kepada peserta kami ucapkan selamat bertanding, buat yang terbaik nantinya akan kita tampilkan pada Jambore Tingkat Kota, yang rencananya akan digelar pada akhir bulan Juli 2023 mendatang," ungkapnya.

"Bahwa  Kegiatan Jambore PKK merupakan agenda tahunan guna memotivasi dan mengevaluasi Tim Penggerak PKK itu sendiri dalam memaknai 10 Program pokok PKK.Kegiatan Jambore ini merupakan salah satu media dalam meningkatkan kinerja dalam bahu membahu untuk menjalin sinergi dengan Pemko Pekanbaru lebih baik lagi.Kita harapkan PKK dapat menjadi motor dalam menggerakkan dan memberdayakan kegiatan, khususnya bagi kaum ibu untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan keluarga secara merata di Kota Pekanbaru," tambah Bu Camat.

Akhir acara Panitia mengumumkan pemenang lomba Jambore PKK Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota Tahun 2023, sebagai berikut:
Senam Anak Pekanbaru, Juara 1 Kelurahan Kota Baru, Juara 2 Sumahilang dan Juara 3 Sukaramai.
Yel Yel, Juara 1 Kelurahan Kota Tinggi, Juara 2 Sukaramai dan Juara 3 Sumahilang.
Bazar UP2K, Juara 1 Kelurahan Sumahilang, Juara 2 Kota Tinggi DNA Juara 3 Sukaramai.
Penyuluhan, Juara 1 Kelurahan Tanah Datar, Juara 2 Kota Baru dan Juara 3 Kota Tinggi.
Fashion Show, Juara 1 Kelurahan Kota Baru, Juara 2 Simpang Empat dan Juara 3 Sukaramai.
Mars PKK, Juara 1 Kelurahan Kota Tinggi, Juara 2 Kota Baru dan Juara 3 Sukaramai.(Tim)
 




Baca Juga Topik #riau+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ