Ajak Masyarakat Hidup Sehat Melalui Germas

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 09:11:49 WIB Cetak

Bupati Rokan Hilir H Suyatno ikut memeriahkan kegiatan Gernas sekaligus pesta rakyat dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 74

BAGANSIAPIAPI- Bertempat di lapangan KONI Bagansiapiapi, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir mengdakan acara gerakan masyarakat hidup sehat. Kegiatan diawali dengan senam pagi, pemberian obat cacing, Vitamin A dan obat tambah darah.

Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Ners. Dahniar, SKep, M.Kes menyebutkan program  Germas yang digalakkan oleh pemerintah secara sistemartis dan terencana dan dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kwalitas hidup."Tujuan Germas ini, agar masyarakat berprilaku hidup sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan  yang tergaja, terciptanya lingkungan yang bersih. Untuk itu pelaksanaan Gerakan masyarakat hidup sehat ini harus dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementrian, lintas sektor, swasta, ormas dan lainnya," terangnya di sela-sela kegiatan, Kamis (29/8).

Ia mengatakan, gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari lingkungan keluarga, karena keluarga adalah bagian dari masyarakat terkecil yang membentuk kepribadian, proses pembelajaran menuju kemandirian. Keluarga yang sehat dapat dengan mudah menciptakan Germas.

"Program prioritas pembangunan kesehatan Tahun 2015 - 2019 dilaksanakan melalui program Indeonesia sehat dengan pendekatan keluarga, sesuai dengan Permenkes Nomor 39 Tahun 2016," kata Dahniar.

Dahniar  mengatakan, kegiatan Germas hidup sehat itu dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak minum alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.

Acara kegiatan Germas hidup sehat sekaligus pesta rakyat tersebut dibuka langsung oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno dan dihadiri Plt Kadis Kesehatan Propinsi Riau dan rombongan, Forkompinda Rohil, Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiludin, Sekda Surya Arfan, pimpinan OPD serta jajarannya, Ormas dan masyarakat Bagansiapiapi. 

 

Laporan: Puspa Sari




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ