Bupati Suyatno Buka Secara Resmi Kegiatan Penggerakan Germas Rohil

Kamis, 29 Agustus 2019 - 13:53:08 WIB Cetak

Bupati Rohil Suyatno pada pembukaan kegiatan germas dan perta rakyat memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74

 

ROHIL, MOMENRIAU.COM - Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Secara Resmi membuka kegiatan penggerakan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan pesta rakyat memeriahkan hari Kemerdekaan RI Ke-74 di lapangan KONI  Jalan Utama Bagansiapiapi, kamis (29/8/2019).

Bupati Suyatno dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penggerakan  Germas dilaksanakan di Rohil guna menjawab tantangan kesehatan yang terjadi saat ini di Indonesia menghadapi triple burden dimana masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan munculnya penyakit yang seharusnya sudah sembuh.

"Penggerakan Germas di Rohil ini sebagai upaya kita menghadapi tantangan kesehatan saat ini , dimana Indonesia saat ini menghadapi masalah kesehatan triple burden, yakni  masih tingginya penyakit infeksi dan meningkatnya penyakit tidak menular," kata Suyatno.

Lanjutnya,  untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya upaya pendekatan promotif dan preventif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan. Karena pada dasarnya pencegahan penyakit menular maupun tidak menular sangat tergantung pada prilaku individu," terangnya.

Lebih jauh diterangkan Suyatno, dengan diluncurkannya program  Germas oleh pemerintah secara sistemartis dan terencana dan dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kwalitas hidup.

"Tujuan Germas ini, agar masyarakat berprilaku hidup sehat, sehingga diharapkan berdampak pada kesehatan  yang tergaja, terciptanya lingkungan yang bersih. Untuk itu pelaksanaan Gerakan masyarakat hidup sehat ini harus dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, lintas kementrian, lintas sektor, swasta, ormas dan lainnya," ujar Suyatno.

Sementara Kadis Kesehatan Rohil, Ners. Dahniar, SKep, M.Kes mengatakan bahwa gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari lingkungan keluarga, karena keluarga adalah bagian dari masyarakat terkecil yang membentuk kepribadian, proses pembelajaran menuju kemandirian. Keluarga yang sehat dapat dengan mudah menciptakan Germas.

"Program prioritas pembangunan kesehatan Tahun 2015 - 2019 dilaksanakan melalui program Indeonesia sehat dengan pendekatan keluarga, sesuai dengan Permenkes Nomor 39 Tahun 2016," kata Dahniar.

Lanjut Dahniar, kegiatan Germas hidup sehat itu dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak minum alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban," terang Dahniar.

Acara kegiatan Germas hidup sehat sekaligus pesta rakyat tersebut dihadiri Plt Kadis Kesehatan Propinsi Riau dan rombongan, Forkompinda Rohil, Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiludin, Sekda Surya Arfan, pimpinan OPD serta jajarannya, Ormas dan masyarakat sekitaran kota Bagansiapiapi. Kegiatan Germas hidup sehat dilapangan Koni Bagansiapiapi di isi dengan pemberian obat cacing, Vitamin A dan obat tambah darah.
 
Selain kegiatan Germas hidup sehat, Bupati juga membuka secara resmi kegiatan pesta rakyat dalam rangka memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI ke- 74 yang pelaksanaannya tertunda Ahad lalu. Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Pemkab Rohil mengadakan lomba marathon 10 KM, lomba tarik tambang, lomba lari goni , panjat pucang pinang  dan lainnya dengan memperebutkan berbagai hadiah .(Irwan)

 

 

 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ