Disdik Riau Ikuti Festival Lampu Colok Kreatif Tingkat OPD Provinsi Riau Tahun 2023

Senin, 17 April 2023 - 23:00:00 WIB Cetak

Plt Kadisdik Riau M.Job Kurniawan didampingi Sekretaris dan Kabidnya, bersama sama nyalakan lampu colok pada malam 27 Ramadhan 1444 H/2023 M

MR.com (Pekanbaru) - Tradisi malam 27 Ramadhan di Bumi Lancang Kuning, setiap tahunnya selalu di ramaikan dengan berbagai hiasan lampu colok dengan kreasi  berbagai bentuk dan motif.

Tahun ini Pemerintah Provinsi Riau menggelar perlombaan festival lampu colok kreatif di seluruh Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah provinsi Riau.

                                   

Terlihat berbagai persiapan untuk mengikuti lomba festival lampu colok kreatif dilakukan oleh masing – masing OPD di jajaran Pemerintah provinsi Riau seperti Dinas Pendidikan Provinsi Riau,  tampak para tenaga PHL sedang membuat desain kerangka lampu colok yang berbentuk masjid dari kayu yang nantinya akan di gantungkan ribuan lampu colok.

Ditahun 2022 yang lalu, Dinas Pendidikan Provinsi Riau berhasil meraih juara 2 lomba festival lampu colok kreatif di tingkat OPD  Pemerintah Provinsi Riau, tahun 2023 ini Dinas Pendidikan Provinsi Riau kembali mengikuti lomba festival lampu colok.

Malam ini tepatnya malam 27 Ramadhan 1444 H/17/04/2023 Masehi, setelah sholat Magrib lampu colok tersebut akan di nyalakan langsung oleh Plt Kadis Pendidikan Riau M. Job Kurniawan, AP, M.SI, bersama Sekretaris dan Kepala Bidang Disdik Riau.

"Lampu yang membentuk gambar masjid akan menjadi pemandangan yang indah di halaman Dinas Pendidikan Provinsi Riau, kami optimis bisa meraih juara 1 pada lomba festival lampu colok kreatif tahun 2023 ini," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Riau Tati Lindawati, SH,M.Si kepada awak media, saat ditemui disela acara pemberian santuan anak yatim di Mushalla Siratul Jannah  Dinas Pendidikan Riau ,Senin (17/04/2023)

Lampu colok atau yang familiar di Bumi Melayu dengan sebutan Pelita ialah sejenis lampu yang bodinya terbuat dari kaleng atau botol kaca bekas dan sumbunya terbuat dari kain (sumbu kompor) dengan menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakarnya.

Selain sebagai penerang, memasang lampu colok di depan rumah juga merupakan antusiasme muslim Melayu dalam menyambut malam Lailatul Qadar, tradisi
lampu colok di Riau merupakan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2021.

"Kalau sudah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia, maka Pemerinrtah Daerah wajib melakukan pembinaan,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen sebagaimana dikutip dari riau.go.id **




Baca Juga Topik #wisata+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ