Sosialisasi Program Kementrian ATR/BPN Sekaligus Penyerahan Sertifikat Gratis PTSL Oleh Waket Komisi II DPR RI

Senin, 20 Maret 2023 - 11:38:52 WIB Cetak

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Syamsurizal, didamping Kepala BPN Kota Pekanbaru Memby Untung Pratama dan Kanwil BPN Riau Indri Kartika Dewi, memberikan Sertifikat gratis PTSL kepada 10 orang Masyarakat Kelurahan Sidomulyo Timur

PEKANBARU - Sosialisasi Program Strategis Kementrian ATR/BPN ditaja oleh Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Riau bertempat di Lt.1 Hotel Furaya Jalan Sudirman Pekanbaru pada Minggu (19/03/2023).

Sosialisasi yang dipandu oleh moderator Fat Haryanto dengan nara sumber yakni Syamsurizal (waket Komisi II DPR RI), Memby Untung Pratama (Kepala Kantor BPN Kota Pekanbaru) dan Indri Kartika Dewi (Kasi Penetapan Hak Tanah Kanwil BPN Riau).

                                             

Selain sosialisasi tentang Program Strategis BPN, acara juga diselipkan pembagian Sertifikat dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL) dengan biaya 0 (Gratis) oleh Syamsurizal, didampingi oleh Memby Untung Pratama dan Indri Kartika Dewi, kepada 10 orang perwakilan masyarakat dari Kelurahan Sidomulyo Timur.

Syamsurizal, menyampaikan kepada awak media bahwa Komisi II DPR RI juga membidangi prihal pertanahan di Indonesia.

                                               

"Ini program kerjasama Kita DPR RI Komisi II dengan Kementerian ATR/BPN,  Kementerian ATR/BPN tentunya berharap kedepannya agar tata ruang di Indonesia bisa jadi lebih akurat dan membaik.Ini menjadi bagian dari salah satu Pertahanan Nasional, program bersama yakni memberikan pencerahan kepada masyarakat betapa pentingnya penetapan hak tanah bagi semua masyarakat.Sehingga kami di Senayan terutama Komisi II sangat mendukung Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," jelas Syamsurizal yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua DPW PPP Provinsi Riau.

Hampir senada Memby Untung Pratama selaku Kepala BPN Kota Pekanbaru, mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Pekanbaru yang sampai saat ini sangat antusias terhadap Program PTSL ini.

"Hari ini kita membagikan Sertifikat Hak Milik kepada 10 orang masyarakat Kelurahan Sidomulyo Timur, hasil dari program PTSL, program ini sangat berpihak kepada masyarakat banyak, artinya memberi hak kepada masyarakat untuk apa yang dimilikinya sehingga menjadi memiliki dengan kepastian hukum, selama ini banyak problem pertanahan yang mengambang kepemilikannya.Jadi dengan adanya PTSL, penetapan hak atas objek tanah menjadi lebih cepat jika dibandingkan dengan 40 tahun yang lalu," ungkapnya.

"Program ini memiliki target 126 juta bidang tanah di Indonesia, sampai tahun 2025 mendatang, jadi kita di Riau khususnya Kota Pekanbaru tahun ini mendapat target  10 ribu bidang tanah yang akan kita selesaika dengan lokasi di 6 Kelurahan," tambah Memby.

Terakhir Memby, menghimbau kepada masyarakat Kota Pekanbaru untuk datang ke Kantor BPN, jika ada prihal hak tanah.

"Silakan ke Kantor BPN saja, jika ada permasalahan hak tanah yang belum dimiliki oleh masyarakat, staff kami akan melayani bapak dan ibu dengan menjawab semua pertanyaan pertanyaan yang diajukan," tutupnya. (Golan)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ