PATRI, Ormas Tambang Suara

Ahad, 19 Maret 2023 - 10:26:19 WIB Cetak

Kendari (19/03/2023). Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Sulawesi Tenggara (SULTRA) Ketum DPP PATRI (Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia) Hasprabu didampingi Sekjen Sutrisno telah mengukuhkan  Kepengurusan DPD PATRI SULTRA (Sabtu, 18/03/2023).

Acara dilaksanakan di lapangan Desa Sindang Kasih, Konawe Selatan. Desa eks Kimtrans penempatan 1968.

Tampak hadir diantaranya: Gubernur SULTRA (Ali Mazi), Dirjen Trans (diwakili Direktur perencanaan), Anggota DPR RI Komisi X (Tina Nur Alam), warga PATRI SULTRA, Sekda Provinsi SULTRA, Kepala Disnakertrans SULTRA (La Ode Aswandi), Forkopimda, Bupati Konawe Selatan (Surunuddin), Bupati Konawe Utara (Ruksamin), Ketua KONI SULTRA, Dan Pos Lanud Halu Oleo, Perwakilan organisasi paguyuban, tokoh, Insan media, dan lainnya.

Acara disemarakkan pentas seni tradisional warga trans. Seperti: Kuda lumping, Sisingaan, Reyog Ponorogo, Tari Merak, Tari Bambangan, dan karawitan.

Di tempat acara juga disesuaikan pameran kuliner oleh UKMK. Semua produk kuliner bisa dinikmati gratis. Karena sudah diborong oleh Ketua Dewan Pengawas DPD PATRI SULTRA.

Dalam Acara Pengukuhan diserahkan 3 (tiga) penghargaan kepada kepala daerah yang mendukung program transmigrasi. Yaitu Gubernur SULTRA oleh Dirjen Trans, Bupati Konawe Selatan oleh Ketum DPP PATRI, dan Bupati Konawe Utara diserahkan Sekjen DPP PATRI. Dalam kesempatan tersebut juga disemarakkan penanaman pohon mahoni.

Tanggapan dan harapan Bupati, Ketum DPP PATRI, serta Gubernur SULTRA kepada Pengurus DPD PATRI SULTRA (2022-2027) diantaranya: agar PATRI terus meningkatkan kontribusinya dalam memajukan daerah. Di SULTRA peran Transmigrasi sangat signifikan. Diantaranya dalam pengembangan wilayah, pengembangan sumberdaya manusia, pengembangan pertanian, menguatkan persatuan anak suku bangsa, dan keragaman budaya.

Diminta pendapatnya, Ketum PATRI Hasprabu menyatakan. Menyambut tahun politik (2024), Warga PATRI agar makin solid, turut berperan nyata  menjaga kondusifitas, dan selalu berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Sebagai ORMAS yang punya massa besar (tambang suara), PATRI harus punya andil dalam pembangunan bangsa," ujarnya.

Disebutkan Ketua Dewan Pengawas Ruksamin  Kasus yang masih dihadapi warga trans, yaitu pertanahan, agar lebih mendapat perhatian pihak terkait. Karena tanah garapan merupakan tumpuan harapan warga trans yang bermata pencaharian sebagai petani.

Diakhir sambutannya, Ketum DPP PATRI mengucapkan Selamat dan sukses kepada Ketum DPD PATRI SULTRA (Suhardiman), Sekum (Agus Tranhadi),  Bendum (Ujang Sudirman), dan seluruh jajaran pengurus yang baru dikukuhkan. Terimakasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung moril dan materil acara ini.

"Semoga PATRI SULTRA khususnya, dan warga PATRI se Indonesia kian meningkat kontribusi dan prestasinya dalam membangun serta merekatkan hubungan antar anak Bangsa", pungkasnya.

(SPB/DPP)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ