Sukseskan Kampanye Mandatory Halal, Kemenag Riau Gandeng Pelaku Usaha

Kamis, 09 Maret 2023 - 11:43:36 WIB Cetak

Kakanwil Kemenag Riau Mahyudin, bersama para undangan

PEKANBARU - Kakanwil Kemenag Riau Dr H Mahyudin MA didampingi Ketua Satgas Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Provinsi Riau Drs H Asmuni MA membuka sekaligus memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Kampanye Mandatory Sertifikasi Halal 2024, Rabu (8/3/2023) di Aula Kanwil Kemenag Riau.

Mahyudin menyebutkan, kegiatan digelar dalam rangka untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa sejak 17 Oktober 2024 produk makanan, miunuman dan jasa penyembelihan dan hasil penyembelihan, bahan baku, bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman wajib bersertifikasi halal

"Pertemuan hari ini dalam rangka persiapan kampanye yang akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 17 hingga 18 Maret 2023 baik luring maupun daring," jelas Mahyudin.

Secara luring, lokasi kampanye mandatory halal dilakukan 2  titik keramaian yang berada di 514 Kabupaten/ Kota dengan jumlah keseluruhan titik 1.028. Titik- titik keramaian berupa mall, pasar Swalayan, pasar tradisional, alun- alun atau titik keramaian lainnya yang berada di Kabupaten/ Kota.

“Untuk luring di Provinsi Riau atau Pekanbaru kita akan lakukan kampanye secara langsung di dua titik, yaitu Plaza Sukaramai atau Sukaramai Trade Center dan Mall Living Word Pekanbaru dengan cara menyebarkan brosur secara langsung kepada masyarakat pengunjung,” terang Mahyudin.

"Direncanakan, kegiatan kampanye ini akan diikuti dan disaksikan langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar M Si," lanjutnya.

Sedangkan secara daring akan dilaksanakan pada malam tanggal 17 Maret 2023 malam secara serentak di berbagai flatform media sosial tiktok, instagram, Twitter, Facebook, youtube dan lain lain oleh insan yang terlibat dalam aktifitas Penyelenggaraan jaminan produk halal.

“Untuk itu, saya sangat berharap agar program ini dapat berjalan sesuai terget kita. Untuk hal teknis, minimal H-2 kita kembali akan rapat teknis dengan stakeholder terkait yang ada di Pekanbaru, khususnya pengelola dua titik lokasi yang akan jadi sasaran Kampanye Mandatori Sertifikasi Halal 2024,” ungkapnya dan berharap dukungan semua pihak.

Rakor Lintas Sektoral dihadiri oleh Tim BPJPH Pusat Ahmad Damai dan Jojo Sunarja, serta diikuti oleh 49 orang peserta yang terdiri dari dinas terkait dan pelaku usaha, yaitu Dinas Perindustiran Perdagangan Koperasi dan UMKM, Dinas Penamaman Modal PTSP Riau, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Pekanbaru, Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Petugas Halal Kabupaten/ Kota, LPPOM- MUI, LPH Sucopindo, PPH Surveyor Indonesia, BPSPJI Pekanbaru, LP3H UIN Suska Riau dan STAIN Bengkalis, LP3H KC.HCCM Pekanbaru, Pengelola Plaza Sukaramai Ramayana Pekanbaru dan Pengelola Mall Living World Pekanbaru. (Golan)

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ