339 Orang Calon PPIH Kloter Dan Arab Saudi, Ikuti Tes CAT Tahap Pertama

Kamis, 26 Januari 2023 - 08:18:42 WIB Cetak

Kakanwi Kemenag Riau, Dr.H.Mahyudin, MA

PEKANBARU – Kantor Wilayah Kementrian Agama Riau akan mengelar Seleksi Computer Assisted Test (CAT) tahap pertama bagi 339 Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kloter dan PPIH Arab Saudi, Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Pembimbing Ibadah Haji (Bimbad). Seleksi CAT yang tersebut dilakukan hari ini Rabu 25 Januari 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Dr. H. Mahyudin, MA didampingi Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Syahrudin, M. Sy mengatakan setelah dilakukan perpanjangan pendaftaran petugas Haji Tahun 1444 H/2023 M Provinsi Riau, sudah 95 persen diselesaikan.

“Alhamdulillah setelah melalui tahapan perpanjangan pendaftaran seleksi petugas haji tahun 1444 H/2023 M, panitia rekrutmen petugas haji Riau sudah 95 persen berkerja dalam mempersiapkannya, tinggal menunggu pelaksanaan tes CAT besok pagi,” ungkap Kakanwil Kemenag Riau, Rabu, 25 Januari 2023.

Untuk itu, Mahyudin berharap dengan dilakukannya seleksi ini, petugas haji dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik – baiknya dalam memberikan layanan kepada Jemaah haji selama berada di Arab Saudi.

“Saya berharap kepada petugas yang nantinya lolos menjadi petugas haji dapat menjalankan tugasnya membantu jemaah haji selama berada di Arab Saudi. Terlebih musim haji tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia Jemaah haji dengan kuota normal,”ujarnya.

Sementara itu Kabid Penyenlenggaraan Haji dan Umrah H. Syahrudin mengatakan calon petugas haji ini telah melalui tahapan seleksi Adminitrasi untuk selanjutnya mengikuti seleksi CAT menggunakan android masing – masing.

Dalam satu rangkaian kegiatan mulai dari persiapan, pembukaan, pembacaan tata tertib CAT dan pelaksanaan CAT.

“Peserta akan mengikuti seleksi menggunakan Android masing – masing dengan system CAT mulai pukul 8 pagi serentak se – Prov. Riau yang akan dibuka oleh Ka. Kanwil Kemenag Riau secara offline dan daring. Terdapat 13 titik lokasi pelaksanaan tes, yakni Kanwil Kemenag Riau dan 12 Kemenag Kab/kota se – Riau,”terangnya.

Untuk seleksi petugas haji ini diikuti oleh 87 Peserta sebagai TPHI, 53 peserta sebagai TPIHI, 8 peserta sebagai pembimbing Ibadah, 78 peserta sebagai pelayanan akomodasi, 36 peserta sebagai pelayanan transportasi dan 77 peserta sebagai pelayanan konsumsi.

Sementara jumlah peserta berdasarkan titik lokasi tes CAT yaitu, Kanwil Kemenag Riau 31 peserta, Kemenag Pekanbaru 45 peserta, Kemenag Kampar 57 peserta, Kemenag Bengkalis 13 peserta, Kemenag Indragiri Hulu 27 peserta, Kemenag Indragiri Hilir 16 peserta, dan Kemenag Dumai 23 peserta. Selanjutnya Kemenag Rokan Hulu 20 peserta, Kemenag Pelalawan 19 peserta, Kemenag Kuansing, 29 peserta, Kemenag Siak 19 peserta,Kemenag Rokan Hilir 29 peserta, dan Kemenag Meranti11 peserta.(Golan)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ