Pj Walikota Resmikan Pembukaan MTQ Tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota

Senin, 23 Januari 2023 - 09:26:14 WIB Cetak

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muhflihun, S.STP, M.AP

PEKANBARU - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Pekanbaru Kota dibuka secara resmi oleh Pj Wali Kota Muhflihun, S.STP, M.AP,  yang ditandai dengan ditabuhnya gong oleh beliau.

MTQ yang digelar bertempat dalam mesjid Al-Irsyad Jalan Agus Salim Pekanbaru.

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Pekanbaru Kota Elvindra Amin, menyampaikan apresiasinya kepada Camat Pekanbaru Kota Rein Riska Karvy, S.STP, M.Si, yang kami nilai "berani" mengambil keputusan untuk pelaksanaan MTQ  disini.

"Terimakasih kepada Camat Pekanbaru kota yang sudah menunjuk Kelurahan Kota Baru menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kecamatan Tahun 2023, apa lagi tempat pelaksanaan ini berada dalam lingkungan pasar yang sangat sibuk sekali aktifitasnya, tentu ini menjadi catatan sejarah bagi masyarakat, dalam dekade waktu yang cukup lama, belum pernah MTQ Kecamatan dilaksanakan kearah tempat kami ini," ungkapnya.

Tokoh masyarakat juga sempat curhat kepada Pj Wali Kota, mengenai seringnya melimpah debit air sungai Sago yang mengakibatkan banjir dan apresiasi juga kepada Pj walikota yang telah membayar tunjangan untuk RT dan RW yang dibayar selama 12 bulan.

Dikutip dari sambutanya, Camat Pekanbaru Kota juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang hadir, karena mereka yang berjualan disekitar Mesjid Al-Irsyad rela meninggalkan dagangannya demi untuk meramaikan helat MTQ Kecamatan Pekanbaru Kota.

"Kami sengaja membuat acara ini di Mesjid Paripurna Al- Irsyad ini, karena mesjid ini adalah juga mesjid tertua kedua di Kota Pekanbaru, tentunya ini menjadi motivasi kami untuk melaksanakannya disini," jelas Camat, Senen (23/01/2023).

Sama yang disampaikan oleh Tokoh Masyarakat , panitia berkeyakinan bahwa  masyarakat akan membantu untuk menyukseskan pelaksanaan MTQ, walaupun dilaksanakan pada saat jam sibuknya aktifitas pasar.

Camat  sangat berharap agar MTQ bukanlah hanya sekedar dilombakan saja, tapi lebih bagaimana untuk menjadikan Al-Qur'an  pedoman dalam kehidupan sehari hari, sehingga prilaku kita dapat menciptakan kenyamanan bagi diri sendiri dan orang lain.

Hampir senada Pj Wali Kota, dalam sambutannya banyak berpesan kepada masyarakat yang hadir agar banyak mengkoreksi sikap terhadap Pemerintah dalam hal menyikapi pelayanan, pembangunan, adat, agama dan bantuan.

Kita menyadari saat ini generasi kita lebih banyak memegang handphone dari pada memegang Alquran.

"Nilai nilai Alquran sudah mulai merosot, saat ini anak anak kita hanya  melihat handphone saja, jadi momen ini bisa menjadi kebangkitan rasa peduli kembali dengan Alquran, MTQ ini bukan hanya mencari juara, tapi lebih kepada bibit yang dapat melantunkan ayat ayat dalam Alquran setiap hari walau hanya 5 menit saja dan siapapun nanti  Qori dan Qoriah yang bisa menjadi juara sampai ke Tingkat Provinsi, Pemko akan beri rewod umroh bagi Juarai 1 Putra maupun Putri ," ucapnya.

Pemerintah segera akan membuat program program yang nantinya akan dapat dirasakan masyarakat secara langsung, sehingga masyarakat tidak merasa tidak diperhatikan oleh Pemerintah seperti sebelumnya.

"Saya sempat dibuli oleh oknum, yang menvonis saya tidak mampu memimpin Pekanbaru dan tidak memiki  program untuk membangun Pekanbaru, sementara saya baru menjabat Pj Wali Kota baru 7 bulan," ujarnya.

Pj Wali Kota menghimbau kepada  masyarakat bahwa Pemko akan segera merealisasikan program program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat seperti: 
- Pj Wali Kota mengajak untuk tingkatkan kesadaran masing masing, agar membuang  sampah tidak sembarangan, berserakan seperti saat ini, hendaknya ikuti waktu dan tempat pengumpulan sampah yang sudah ditentukan oleh petugas.
-Setiap tahun ajaran baru selalu timbul problem kekurangan daya tampung sekolah Negeri, ini karena tidak adanya pembangunan sekolah baru dalam dekade 10 Tahun terakhir, Alhamdulillah Pemko dan Pemprov akan bangun 2 SMP dan 3 SMA.
-Pemerintah akan alokasikan APBD  lewat Kesra, beri beasiswa kepada anak anak Pekanbaru yang tidak mampu dan berprestasi.
- Puskesmas dan Dokter on call
- Santunan untuk keluarga duka sebesar Rp          1.000.000,-  bagi keluarga yang tidak mampu.
- Bantuan subsidi bunga kepada koperasi yang memberi modal kepada UMKM dan kami akan membangun pusat UMKM di jalan Aripin Ahmad.
- Magrib mengaji.

Pj Wali Kota menghimbau, Tahun 2024 akan digelar pesta demokrasi, jadilah orang bijak jangan karena uang tidak seberapa kita menderita selama 5 tahun kedepan.

Tampak hadir Forkopimcam Pekanbaru Kota, Kadis Sosial Pekanbaru, Kadis Koperasi dan UMKM  Kota Pekanbaru, unsur pimpinan DPRD Pekanbaru, para Lurah se Kecamatan Pekanbaru Kota, Tokoh masyarakat, Qori Qoriah dan undangan lainnya.(Golan)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ