Pertanian.

Gebrakan Kades Kuala Raya Demi Ekonomi Masyarakatnya.

Jumat, 02 Desember 2022 - 14:39:27 WIB Cetak

Lokasi Kebun Kelompok Tani Desa Kuala Raya Kec.Singkep Barat Kab.Lingga.

Gebrakan Kades Kuala Raya Demi Ekonomi Masyarakatnya.

     (Momenriau.com Lingga). Ditengah keterpurukan ekonomi masyarakat secara luas, Misran sebagai Kepala Desa Kuala Raya Kecamatan Singkep Barat Kabupaten Lingga membuat gebrakkan serta upaya untuk mengangkat perekonomia dengan pola bercocok tanam.
     Dengan memanfaatkan sumber dana yang ada serta peruntukkannya sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat, maka desa Kuala Raya memberdayakan kelompok masyarakat untuk menanam palawija seperti Kucai, Ketimun dan lain sebagainya.
     Didesa Kuala Raya, ada lima kelompok kerja masyarakat, yaitu "Kelompok Tani Sumber Pangan", "Kelompok Tani Harapan Jaya", "Kelompok Tani Sejahtera", "Kelompok Tani Serba Guna", dan "Kelompok Perternakkan".
     Diinvestigasi kelokasi lahan bercocok tanam kelompok masyarakat Desa Kuala Raya tersebut oleh awak media kami pada hari Kamis (01/12-2022), maka terlihatlah pemandangan yang menggembirakan. Karena, lahan dimaksud sangat hijau oleh tanaman begitu subur.
    Pada suatu kesempatan, berbincang-bincang dengan Kepala Desa Kuala Raya Misran, dengan semangat beliau menjelaskan dengan mengatakan,"yang pak wartawan lihat saat ini, merupakan hasil keseriusan warga saya terutama kelompok kerja dengan bimbingan ibu Epi seorang jebolan Universitas Gajah Mada".
     "Saya sangat berterima kasih kepada beliau (Epi-red) yang mau dan sudi memberikan ilmunya kepada warga saya dalam hal bercocok tanam", imbuh Misran lagi.
     Ditanya apa harapan Kades Kuala Raya dengan program yang digagasnya tersebut, dengan mimik wajah penuh harapan dan berkata, "harapan saya tentunya, program yang sudah baik dan menghasilkan ini, kedepannya tentu perlu adanya peningkatan, dengan demikian saya sangat antusias warga saya tidak berhenti sampai disini saja, akan tetapi hendaknya semakin ditingkatkan, sehingga dapat menopang pendapatan ekonomi masing-masing keluarga dalam kelompok kerja yang sudah ada". 
     Melihat keinginan serta keseriusan Misran sebagai Kepala Desa Kuala Raya yang juga dikenal sebagai Jurnalis sebelum memangku jabatan Kepala Desa, hendaknya mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Lingga, bila perlu Pemerintah Kabupaten Lingga kedepannya, menetapkan dan meletakkan tenaga tekhnis cara bercocok tanam serta tenaga tekhnik manajemen di Desa Kuala sebagai bentuk apresiasi.(Edysam).
     

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Info Desa

Pondok Bersalin (Polin) Desa Persing Diresmikan.

Kamis, 05 Januari 2023
Info Desa

Peran Dana Desa Ditengah Pandemi Covid19.

Sabtu, 25 April 2020
ƒ