Upacara HKN.

Sekda Lingga Syamsudi, S.Pd Pimpin Upacara HKN Ke-58.

Sabtu, 12 November 2022 - 20:31:30 WIB Cetak

Sekda Kabupaten Lingga Symsudi, S.Pd pada saat menyerahkan Piala serta Sertifikat dalam kegiatan HKN ke 58.

Sekda Lingga Syamsudi, S.Pd  Pimpin Upacara HKN Ke-58.

      (Momenriau.com Lingga). Pada hari Sabtu (12/11-2022) bertempat dihalaman Gedung Nasional Dabo Singkep, Pemkab Lingga melaksanakan upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58 dengan tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku" dipimpin oleh Sekdakab Lingga Syamsudi, S.Pd.
     Pada kesempatan tersebut, Syamsudi, S.Pd membacakan kata sambutan Menteri Kesehatan RI yang mana pada peringatan HKN Ke-58 ini dengan tema "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".
     Tema ini dipilih sebagai ekspresi bangkitnya semangat, optimisme dari seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang sudah bersinergi saling bahu-membahu dalam menghadapi situasi kesehatan dimasa Pandemi Covid-19. 
     "Dengan semangat serta rasa optimis yang tinggi maka masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas, produktif dan  bangsa Indonesia telah membuktikan dirinya sebagai bangsa yang tangguh", kata sambutan Menkes RI yang dibacakan oleh Sekdakab Lingga.
     Selanjutnya dalam kata sambutan Menteri Kesehatan RI dibacakan Sekdakab Lingga, "semua capaian itu, tentu tidak terlepas dari dukungan dan semangat masyarakat dusun, kampung yang saling melindungi dan saling berbagi, termasuk juga ulama, tokoh agama serta para tokoh adat yang aktif mendampingi masyarakat".
     "Meski dihadapkan pada prioritas penanganan Covid-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional. Seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi(AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri", Ujar Sekdakab Lingga Syamsudi, S.Pd.
     Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar transformasi kesehatan, yaitu; 1.Transformasi layanan primer, 2.Transfomasi layanan rujukan, 3.Transformasi sistem ketahanan kesehatan, 4.Transformasi sistem pembiayaan kesehatan, 5.Transformasi SDM kesehatan, 6.Transformasiteknologi kesehatan.
     "Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Insan Kesehatan yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan Pembangunan kesehatan Indonesia".
     "Perjuangan kita masih panjang, saya berharap semua insan Kesehatan agar tetap; 1.Terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat Hidup Bersih dan Sehat antaranya melalui Konsumsi makanan bergizi seimbang dan melakukan aktivitas fisik setiap hari dan mencuci tangan dengan sabun, 2.Terus mendorong masyarakat untuk memeriksa Kesehatan secara rutin, baik pemeriksaan Ibu Hamil, pemantauan tubuh kembang Belia, Imunisasi, pemeriksa penyakit-penyakit sesuai siklus Hidup, 3.Terus mengembangkan diri serta organisasi dalam kompetensi memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat". 
     Pada upacara yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Lingga Dr.Bukit menyampaikan laporan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Kesehatan Nasional ke-58 tahun 2022.
     "Sejak tanggal 3 November 2022, sudah dimulai kegiatan HKN ke 58 ini, diantaranya; - Kegiatan Bakti Sosial, -Jalan Kreasi yang melibatkan posyandu, anak pelajar yang selama ini menjadi mitra kita pada program kesehatan dan moment acara puncak HKN Ke-58, kita Dinas Kesehatan melaksanakan Apel Bersama disejalankan dengan penerimaan penghargaan peringkat nasional yang diraih oleh salah satu Nakes Teladan kita sebagai Tenaga Kesehatan Teladan Daerah terpencil kepulauan", Ujar Kadinkes Pemkab Lingga Dr.Bukit
     "Dengan penghargaan yang kita terima ini, tentu menjadi motivasi penyemangat kepada nakes lainya serta untuk langkah kedepan, kita akan berpedoman kepada arahan Menkes tentang pembangunan kesehatan dengan penguatan primer tingkat Puskesmas, Polindes dan kemudian, kita juga akan fokus pada pelayanan Rumah Sakit dengan penguatan SDM dan juga kegiatan yang sifatnya bersentuhan langsung dengan masyarakat", ujar Dr.Bukit.
     Berdasarkan hasil pantauan di lapangan oleh awak media, turut hadir pada kegiatan puncak HKN Ke-58 yakni, Sekdakab Lingga Syamsudi, S.Pd berserta Istri, Kadis Kesehatan Kabupaten Lingga, Camat, Kapolres Lingga, Lanal Dabo Singkep, Kejari Lingga, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan para peserta upacara lainnya.
(Sumber: Samsiar/Editor:Edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ