Pelayanan Polisi

KAPOLRES & KASATPOLAIRUD Polres Lingga Sigap Merespon Suatu Kejadian.

Jumat, 11 November 2022 - 13:13:33 WIB Cetak

Saat Kapolres Lingga AKBP Padli Agus S.I.K.,M.H berada dilokasi "musibah yang dialami KM.Bintang Jaya Utama".

KAPOLRES & KASATPOLAIRUD Polres Lingga Sigap Merespon Suatu Kejadian.

     (Momenriau.com Lingga). Kapolres Lingga AKBP Padli Agus S.I.K.,M.H melalui Kasatpolairud AKP Thomas Charles, SH,MH dalam keterangan rilis konfirmasinya mengatakan, "Kapal KM Bintang Jaya Utama berangkat dari Sungai Lokan Provinsi Jambi menuju Dabo Singkep Kabupaten Lingga, saat perjalanan mendekati Pelabuhan Dabo Singkep, dekat Kampung Mentok, Desa Batu Berdaun Kapal mengalami masuk Air didalam palka".
     Lebih lanjut AKP Thomas menjelaskan, "menurut keterangan Nakhoda Kapal, musibah ini terjadi, diduga disebabkan adanya kebocoran pada lambung kapal, namun upaya memompa tidak berhasil untuk menyelamatkan kapal sehingga akhirnya tenggelam".
     "Pada Pukul 21.30 WIB, (Nakhoda Kapal) melihat ada kebocoran di bawah Palka Capt coba memompa air tapi tidak berkurang dan Capt kemudian berinisiatif mengkandaskan kapal ke tepi pantai untuk menghindari kapal tenggelam dilaut dalam" jelasnya AKP Thomas.
     Sebelumnya pada Kamis malam, tepatnya 10 November 2022 pukul 22.10 WIB, personil Satpolairud Polres Lingga menerima laporan dari Polsek Dabo Singkep bahwa adanya kapal karam di Kampung Mentok Desa Batu Berdaun dan Personil Satpolairud Polres Lingga langsung mendatangi TKP untuk melakukan Pengecekan dan menyelamatkan barang dan Crew/kru kapal dan ditemukan kapal telah tenggelam separuh badan kapal. Namun dikarenakan cuaca gelap sehingga Evakuasi dilanjutkan dini pagi, Jum'at 11 November 2022.
     Dengan menggunakan Kapal 1004 BKO Ditpolairud Polda Kepri serta Bhabinsa masih dilokasi kejadian guna mengamankan kapal dari penjarahan. Dan untuk Nakhoda Kapal sudah dibawa ke Polres Lingga untuk dimintai keterangan lebih lanjut.
     Untuk kejadian Lakalaut tersebut tidak ada korban jiwa, semua kru atau ABK Kapal yang berjumlah 4 (empat orang) masing-masing ; Rusli (Nakhoda), Andi umar (ABK), Riduan (ABK) dan Basri (Kepala kamar mesin).
     "Musibah Kapal KM Bintang Jaya Utama 88 yakni karam, maka diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp.800 Juta Rupiah", pungkas Kasatpolairud Polres Lingga.
     Menanggapi informasi yang beredar tentang adanya musibah Laka laut di perairan Dabo Singkep, dengan sigap Kapolres Lingga AKBP Padli Agus, S.I.K.,M.H berserta personil turun langsung kelokasi kejadian. 
(Sumber: AKP Thomas, Kasatpolairud Polres Lingga/editor oleh edysam).

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ