Peringatan HSN, Pendiri Pondok Al-Quran Al-Majidiyah Ajak Seluruh Santri Ingatkan Jasa Pahlawan

Selasa, 25 Oktober 2022 - 09:22:20 WIB Cetak

BAGANBATU -- Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di kecamatan Bagan Sinembah menjadi momen tersendiri bagi kalangan santri dan lembaga pendidikan pondok pesantren.

Selain untuk mengenalkan kisah perjuangan dan refleksi peran lembaga pondok pesantren, dalam kiprahnya mengembangkan pendidikan karakter bagi para santri.

Hal itu dikatakan Pendiri Pondok Al-Quran Al-Majidiyah Bagan Batu, DR (HC) H Bachid Madjid saat dihubungi Dumai Pos melalui ponselnya, Selasa (25/10).

“Yang perlu ditekankan dan dikenalkan adalah bahwa santri menjadi icon yang tidak dapat dipisahkan dengan era kebangkitan bangsa. Kemerdekaan Indonesia telah ditebus dengan nyawa dan darah para syuhada dan ulama, sehingga para santri harus tahu bahwa para ulama pun turut memberikan sumbangsih dalam kemerdekaan ini,” tandasnya.
Bachid Madjid juga menegaskan bahwa santri akan tetap menjadi icon yang luar biasa bagi bangsa kedepan dan berada dibaris terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI serta berperan dalam membantu Pemerintah dalam pencegahan penularan Covid-19.

“Kami merasa semua Pimpinan, segenap ustadz serta ustadzah dan para santri berada di garda terdepan dalam hal memutus mata rantai penyebaran covid -19. Walau banyak isu bahwa pesantren sebagai sumber penyebaran Covid, itu semua tidak benar dan kita yakinkan bahwa semua santri sehat, ” tegasnya.

Setakat dengan peringatan HSN itu menurut pria yang akrab disapa H Akib itu juga menjelaskan, bahwa santri adalah bukan merupakan generasi yang sombong.

" Perlu diketahui,  bahwa santri itu bukan generasi yang sombong,  tetapi itulah salah satu wujud dari kehidupan para santri yang selalu menjaga akhlak namun tetap menjunjung keramahan, " katanya lagi. 

Selain itu pria yang juga mantan legislator Rokan Hilir itu mengatakan, bahwa selain banyak pejuang kemerdekaan, santri juga banyak yang menjadi pejuang dibidang lain. 

" Ingat perjuangan Bung Tomo dan pejuang-pejuang kemerdekaan lainnya,  itu semua adalah santri pada zaman kemerdekaan melawan penjajah.  Dan saat sekarang ini juga banyak santri yang menjadi pahlawan,  misalnya pejuang olahraga dan pejuang lainnya yang membawa harum nama negara Indonesia dikancah internasional, " terang H Akib. 

Iapun bersama pimpinan pondok pesantren di kecamatan Bagan Sinembah khususnya dan kabupaten Rokan Hilir umumnya berharap kepada pemimpin bangsa ini untuk dapat lebih memperhatikan keberadaan pesantren.

" Kedepannya, kita berharap kepada pemerintah baik Kabupaten,  Provinsi maupun pemerintah pusat agar lebih memberikan perhatian penuh kepada pondok-pondok pesantren, khususnya di kecamatan Bagan Sinembah, " harap H Bachid Madjid. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ