Sosialisasi Pancasila, Syamsurizal:Mari Kita Miliki Mental Pancasila

Ahad, 23 Oktober 2022 - 14:52:31 WIB Cetak

Nara sumber

PEKANBARU - Sosialisasi Pancasila yang ditaja oleh Ketua Komisi II DPR RI Fraksi PPP, Dr.H.Syamsurizal,SE.MM bersama BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) digelar pada Minggu (22/10/2022) di Hotel Khas Jalan Sudirman Pekanbaru.

Acara yang mengangkat tema "gotong royong membumikan Pancasila", diikuti oleh berbagai komponen masyarakat Pekanbaru seperti Mahasiswa pesisir, ikatan pelajar NU, ikatan pelajar Pekanbaru, the power of emak emak, pemuda Rumbai dan masyarakat lainnya.

Dibuka oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, S.STP M.AP yang diwakili oleh Asisten 1 bidang pemerintahan dan kesra Drs.Syoffaizal, M.Si, yang membacakan sambutan Pj Walikota didepan peserta, sekaligus membuka secara resmi dialog dengan moderator Fat Haryanto Lisda, M.Krim serta Nara sumber Dr.H.Syansurizal,SE.MM, (Ketua Komisi II DPR RI), Abbas, SH.MH.CGCAE ( Biro Pengawasan Internal BPIP), Drs.Ahmad Fauzi, M.SI ( Widyaiswara ahli utama BPSDM Riau) dan Dr Dodi Haryono, SH ,SH.I, MH ( Dosen FH UNRI).

Dalam sambutannya Pj Walikota menyampaikan, Pemerintah Pekanbaru mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Dr.H.Syamsurizal,SE.MM yang telah melaksanakan pembinaan Pancasila di Kota Pekanbaru.Dengan pembinaan ini tentu bisa meningkatkan pemahaman tentang nilai nilai Pancasila bagi masyarakat untuk mengimplementasikannya didalam kehidupan sehari hari.

Dialog berjalan dengan semangat dan peserta sangat antusias mengikutinya dengan mendengar penjelasan penjelasan  dari narasumber.

Syamsurizal mengatakan, pemuda adalah generasi penerus bangsa yang kedepannya bisa menjadi orang orang penting dinegeri ini, makanya dari sekarang mari kita tanamkan ke diri kita masing masing agar kita memiliki mental Pancasila.

"Bisa saja yang hadir disini kedepannya jadi pemimpin bangsa, seperti kepala daerah, pejabat ataupun pengusaha yang bisa menjadi pelaku ekonomi yang sukses, tapi tentunya dengan bermentalkan Pancasila," ungkap Bang Syam yang digadang gadangkan oleh masyarakat untuk memimpin Riau 2024 - 2029 mendatang.

Selanjutnya Kepala Biro Pengawasan BPIP Abbas, menjelaskan BPIP membangun program kerja sama yang baik dengan Komisi II DPR RI dalam hal gotong royong membumikan Pancasila.

"Komisi II DPR RI adalah mitra kerja  strategis kami dalam mensosialisasikan dan membumikan Pancasila secara gotong royong, keadaan saat ini sangat mengkwatirkan sekali, dalam masa 22 dekade kita kehilangan Pancasila.dalam tantanan normatif, makanya dengan kehadiran BPIP kembali menghadirkan Pancasila di semua lini kehidupan masyarakat," ungkap Abbas.

"Kita berharap dengan adanya momentum seperti ini bisa menjadi edukasi baik untuk negara kita maupun untuk contoh bagi negara lain.kita perlu bersyukur bahwa Pancasila bisa menjadi ideologi global karena bisa merangkul semua perbedaan yang ada didalam negara kita,," tutupnya.

Turut hadir Zulkarnain anggota DPRD Kota Pekanbaru dari fraksi PPP, beberapa anggota BPIP dan undangan lainnya.(Golan)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ