Harapan masyarakat lingga.

"Mimpi Desa Berstatus Mandiri" ?.

Jumat, 23 September 2022 - 12:56:36 WIB Cetak

"Mimpi Desa Berstatus Mandiri" ?.

     (Momenriau.com Lingga). Sebagai motivasi bagi desa yang berada diderah Kabupaten Lingga, berikut ini kami sajikan kutipan dari laman resmi dari link "https://www.kemendesa.go.id/berita/, yakni suatu pemberitaan berjudul "KEPADA JENDERAL MOELDOKO, GUS HALIM PAMER SELURUH DESA DI BATU SUDAH BERSTATUS MANDIRI" yang naik tayang pada hari Rabu (21 September 2022).
     Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Halim mengungkapkan seluruh desa di Kota Batu, Jawa Timur sudah berstatus Desa Mandiri.
     Hal itu disampaikan Gus Halim saat bertemu Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko dalam acara Penyerahan Integrasi 34 Program Pemberdayaan Lintas Kementerian untuk Reforma Agraria yang diselenggarakan di Pendopo Kota Batu.
     “Jadi di Kemendes itu Pak Jenderal Moeldoko, saya laporkan ada beberapa kategori penghargaan. Untuk Kepala Desa itu salah satunya yang Desa Mandiri dapat lencana, bisa dipasang di PDH atau baju dinas,” jelas Gus Halim di Kota Batu, Rabu (21/9/2022).
     Selain mendapat lencana, desa yang berstatus mandiri juga akan diberikan piagam penghargaan yang bisa dipajang di balai desa. Tujuannya agar dilihat sekaligus menjadi kebanggaan warganya yang turut terlibat berjibaku membangun desa.
     Gus Halim menjelaskan, total ada 19 desa yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu dan semuanya telah berstatus Desa Mandiri. Lencana untuk para Kepala Desanya akan disematkan saat perayaan ulang tahun Kota Batu.
     Lencana juga akan diberikan kepada kepala daerah yang berhasil meningkatkan status desanya. Lencana Bakti Desa Pertama akan diberikan kepada kepala daerah yang tidak ada desa berstatus sangat tertinggal dan tertinggal.
     Sedangkan Lencana Bakti Desa Madya diberikan kepada kepala daerah yang seluruh desanya berstatus Maju dan Mandiri. Sementara, Lencana Bakti Desa Utama diberikan kepada kepala daerah yang seluruh desanya berarti Mandiri.
     “Nah satu-satunya wali kota di Indonesia dan bupati yang akan dapat Lencana Bakti Desa Utama itu adalah Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko,” jelas Gus Halim.
     Sementara itu Moeldoko mengapresiasi Kemendes PDTT yang selama ini telah membuat desa-desa di seluruh Indonesia terus berkembang.
     “Kalian pasti banyak yang tidak tahu apa yang dilakukan pak Menteri Desa. Saya tahu betul tadi itu hanya sebagian yang disampaikan. Sebetulnya masih banyak sehingga membuat desa berbeda,” ujarnya. 
(Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT / Teks: Badriy/Humas Kemendes PDTT).
     Dengan adanya rilisan diatas, masyarakat Kabupaten Lingga berharap kepada Kepala Desa yang ada, berusaha keras untuk memacu kemajuan desa agar dapat juga julukkan sebagai "Desa Mandiri".
     Namun, beberapa Kades yang ada di Kabupaten Lingga, dikonfirmasi tentang Bumdes sebagai salah satu usaha untuk membuat perekonomian masyarakatnya menjadi mapan dan pada akhirnya menjadi Desa yang "mandiri", walaupun sudah memiliki Bumdes, namun masih belum menunjukkan keberhasilan yang signifikan.
     Didapat informasi dari beberapa Kades (Kepala Desa-red) di Kabupaten Lingga tentang Badan Usaha Milik Desa (Bumdes-red) kesannya belum berjalan seperti harapan sejak didirikan dan malahan, masih ada desa yang belum memiliki Bumdes sendiri, entah apa kendalanya.
     Pada hal, kalau tidak disetiap Kecamatan (Ada Pendamping Desa alias PD-red) maka disetiap desa (Ada Pendamping Lokal Desa alias PLD-red), apakah mereka tidak berkompeten menyarankan dan atau menggesa agar desa-desa memiliki BUMDES ?. Atau mungkin tidak ada dalam "TUPOKSI" mereka sebagai "Pendamping Desa" dan atau sebagai "Pendamping Lokal Desa" ?. Apakah mereka Pendamping Desa ataupun Pendamping Lokal Desa tidak berkewajiban memberi laporan kepada Kementerian Desa terkait masih ada desa yang belum memiliki Bumdes ?. Untuk pertanyaan diatas, maka pihak yang paling tepat untuk menjawabnya adalah dari Kementrian Desa.(MR.01 Kepri).

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ