Musrenbang.

Pokok-Pokok Pikiran Disampaikan DPRD Lingga Pada Musrenbang Tingkat Kabupaten.

Selasa, 12 April 2022 - 23:25:39 WIB Cetak

Advetorial.

Pokok-Pokok Pikiran Disampaikan DPRD Lingga Pada Musrenbang Tingkat Kabupaten.

 

    (Momenriau.com Lingga). Sebagai satu kesatuan dalam hal menyampaikan aspirasi masyarakat di Kabupaten Lingga untuk diteruskan kepada Pemerintah Daerah, maka kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lingga, sudah patut diberikan apresiasi. Kenapa demikian, karena dalam menentukan baik kebijakkan dan atau arah pembangunan yang dimusyawarahkan melalui Murenbang tikngkat Kabupaten, jajaran personal anggota DPRD sudah sangat tegas menyampaikkan pokok-pokok pikiran mereka yang didasari oleh apa yang mereka peroleh dari masyarakat ketika melakukan kunjungan kerja dan atau melakukan reses kedaerah pemilihan masing-masing anggota dewan.

Terkait dengan apa yang dipaparkan pada alinea terdahulu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga, sudah menyampaikan pokok-pokok pikiran terkait tentang beberapa yang menjadi skala prioritas rencana pembangunan untuk kepentingan masyarakat, pada waktu dilaksanakannya Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten, bertempat di Aula Kantor Bupati Lingga, tepatnya pada hari Kamis (23/03-2022) lalu.

 Adapun pokok-pokok pikiran dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga, yang disampaikan oleh Wakil Ketua I Aziz Martindaz S.Pd menyangkut hajat hidup orang banyak, yaitu terkait dengan sektor-sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, karena sektor ini sangatlah penting, sudah disampaikan kepada pihak Eksekutif (Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga).
"Ada beberapa pokok pikiran yang sudah disampaikan, yaitu pada saat kita bermusyawarah merencanakan pembangunan tadi, diantaranya yaitu tentang peningkatan Infrastruktur, meningkatkan produktivitas pertanian, industri, perdagangan dan pariwisata yang tentunya, sektor-sektor tersebut bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Lingga", kata Aziz Martindaz dengan tegas.

Lebih lanjut Aziz Martindaz S.Pd menguraikan, terkait ketersediaan Infra yang memadai dan tentunya berkualitas sangat penting untuk disediakan atau dibangun, sebab dengan adanya Infrastruktur yang baik serta berkualitas, barulah kita bisa berharap, akan dapat mempercepat proses pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, terutama ketersediaan Infrastruktur yang terhubung langsung dengan sentra produksi dan perdagangan.

Pembangunan infrastruktur yang terhubung langsung dengan sentra produksi dan perdagangan, akan menjadi daya tarik bagi investor atau pelaku usaha. Sebab, dengan kondisi serba baik tersebut, akan memudahkan investor atau pelaku usaha dalam menjalankan roda usahanya di Kabupaten Lingga, pada akhirnya, kegiatan usaha dan perdagangan itu akan berdampak langsung pada peningkatan perekonomian masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah.

Tidak kalah pentingnya, Infrastruktur yang sudah dibangun, harus juga diimbangi dengan pemeliharaan secara kontinu, agar pasilitas dimaksud, senantiasa dalam kondisi baik dan dapat diakses atau digunakan secara berkelanjutan.
"Yang penting, infrastruktur itu diimbangi dengan kegiatan atau bukti nyata dan juga upaya pemeliharaan secara rutin ataupun berkala", kata Aziz Martindaz.

Selain infra struktur diungkapkan wakil ketua I DPRD KAB.Lingga Aziz Martindaz, pada Musrenbang saat itu, juga menyampaikan terkait sektor produktivitas, seperti sektor pertanian dan pengembangan potensi daerah.

Peningkatan produktivitas pada sektor pertanian sangat penting untuk dapat ditingkatkan, agar produk-produk yang dihasilkan dari pertanian, dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat atau dapat diekspor keluar daerah, ini juga bertujuan demi peningkatan pertumbuhan perekonomian secara keseluruhan di Kabupaten Lingga.

Tidak tertutup kemungkinan, dampak lain dari upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian, yaitu menciptakan terbukanya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, meski demikian untuk meningkatkan produktivitas pertanian, tentu harus dipersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dibidangnya, diharapkan dari peningkatan produktivitas pertanian itu karena Sumber Daya Manusia yang sudah memiliki skeel atau berkompeten, secara otomatis akan berdampak secara keseluruhan pada perekonomian pada umumnya.

Kabupaten Lingga merupakan wilayah yang luas dan masih banyak terdapat lahan-lahan kosong, hendaknya potensi-potensi yang ada di Kabupaten Lingga dapat dimanfaatkan dan dikembangkan, baik itu potensi dari sektor pariwisata, pertanian, prikanan, perternakkan dan lainnya.

"Masing-masing dari sektor tersebut secara nyatamenjadi bagian penting bagi masyarakat pada umumnya, yang seharusnya mendapat perhatian yang cukup dan akan berdampak pada perekonomian masyarakat pada umumnya", kata Aziz Martindaz.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lingga berharap, pokok-pokok pikiran yang disampaikan pada Musrenbang tingkat Kabupaten tersebut, mendapat perhatian yang tujuannya akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran dan juga tingkat kemiskinan.

Lebih jauh Aziz Martindaz mengutarakan, upaya peningkatan kwalitas dan akses pelayanan dasar masyarakat juga harus didukung oleh efektivitas birokrasi pemerintah daerah. Wakil Ketua I DPRD Lingga Aziz Martindaz mengatakan, dengan peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan sendirinya masyarakat akan semakin maju, selain itu, juga berdampak positif bagi Pembangunan Kabupaten Lingga. Musrenbang juga merupakan momentum strategis untuk menentukan arah pembangunan, tujuan serta pencapaian Visi Bupati dan Wakil Bupati Lingga.

"Sebagai bagian dari unsur Pemerintahan Daerah, sudah tentu DPRD harus dilibatkan secara intensif pada proses dan penyusunan dokumen. Baik itu dokumen RKPD yang disusun setiap tahunnya, maupun dalam penyusunan RPJMD", kata Aziz Martindas.

Dengan dilibatkannya DPRD dalam pembahasan sejak awal, diharapkan dapat memberikan masukkan dalam penyusunan RKPD, yang mana masukkan tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang didapat ketika melakukan reeses maupun kunjungan kerja ke desa - desa atau Kecamatan.

Sambung Aziz Martindaz, dengan mengacu kepada undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah dan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang lebih baik dan menciptakan keterbukaan informasi yang ditetapkan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 70 tahun 2019 tentang sistem informasi pemerintah daerah (SIPD).

"Saya ingin menyampaikan beberapa hal yang harus menjadi perhatian dari Pemerintah Daerah yaitu untuk mencermati kembali masukkan yang pernah kami sampaikan. DPRD menyambut baik serta mendukung target kerja pemerintah dalam pencapaian terhadap Desa persiapan menjadi Desa Definitif. Seluruh kesiapan yang diperlukan dalam mencapai desa definitif sebahian besar sudah kami masukkan kedalam pokir-pokir dewan", kata Aziz Martindaz.

Pada kesempatan itu ada beberapa hal yang disampaikan Aziz Martindaz untuk menjadi perhatian pemerintah daerah untuk pencapaian desa definitif diantaranya, Air bersih, akses jalan dan jembatan, listerik dan komunikasi.

Lalu pembangunan dibidang kesejahteraan masyarakat, diantaranya sarana dan prasarana sekolah, kesejahteraan guru, sarana dan prasarana kesehatan.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lingga Aziz Martindaz berharap Musrenbang mampu mewujudkan kesamaan pandang dan pemahaman terkait kebijakkan dan prioritas pembangunan Kabupaten Lingga tahun 2023 serta menjadi komitmen bersama dalam mengimplementasikan perencanaan pembangunan dan tetap memperhatikan sinergitas perencanaan pembangunan di tingkat propinsi Kepri dan Nasional.(Dari Berbagai Sumber/edysam).









Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ