Penangkaran Kepiting.

"Menciptakan Lapangan Kerja Didesanya, Putra Desa Berindat Sedang Merencanakan Budidaya Kepiting Bangkang".

Jumat, 25 Februari 2022 - 13:02:31 WIB Cetak

Awak media kami sedang mengkonfirmasi Kepala Desa Berindat pada hari Jum'at (25/02-2022) di lokasi rencana penangkaran kepiting bangkang didesa Berindat.

"Menciptakan Lapangan Kerja Didesanya, Putra Desa Berindat Sedang Merencanakan Budidaya Kepiting Bangkang". 

 

     (Momenriau.com Lingga). "Memikirkan peningkatan ekonomi masyarakat serta keinginan menciptakan lapangan kerja, khususnya di Desa Berindat Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten Lingga, EncikTaufik yang akrab disapa Tau, mempersiapkan beberapa penangkaran Kepiting Bangkang", demikian ungkapan sebagian besar warga desa tersebut, pada hari Jum'at (25/02-2022) kepada awak media kami serta media lainnya yang melakukan kunjungan kelokasi dimaksud.
     Setelah awak media sampai dilokasi rencana penangkaran Kepiting Bangkang, masing-masing awak media melakukan pengambilan foto untuk dokumentasi, setelah itu, berbincang-bincang dengan warga.
     Salah seorang warga sekaligus merupakan "tokoh agama" yang akrab disapa H.Zul, ketika ditanya terkait lokasi rencana pembuatan tempat penangkaran Kepiting Bangkang ini, H.Zul mengatakan masyarakat desa Berindat tidak adalah yang keberatan.
  "Sebenarnya, hamparan lokasi ini dulu-dulunya, direncanakan untuk lahan parkir kenderaan bermotor bagi wisatawan yang berkunjung kesini, itu masih ada gazebo tempat berteduh bagi wisatawan ketika menikmati pemandangan hamparan laut", demikian kata H.Zul mengawali penjelasannya kepada awak media.
"Mungkin, karena lokasi ini seperti agak terlantar, maka Tau (Taufik-red) memanfaatkan lokasi parkir ini, dengan merencanakan penangkaran Ketam Bangkang (Kepiting Bangkang-red) dan didalam kotak penangkaran ini, tidak ada ditumbuhi pohon-pohon, betul-betul hamparan tanah campur pasir saja atau kosong sama sekali",lanjut H.Zul menjelaskan saat berada dilokasi.
     Sejalan dengan penjelasan H.Zul, Kepala Desa Berindat Yusnani yang datang beberapa saat kemudian kelokasi serta ikut didampingi Babinsa dan juga Ketua BPD Supardi M, juga memberikan penjelasan yang hampir sama.
"Setau saya, ini dulunya memang diperuntukkan untuk lahan parkir kenderaan bagi wisatawan, lahan parkir ini dari dulunya, tidak ada pohon-pohon, yang ada pohon-pohon itu sebagai pembatasnya", tegas Yusnani.
     Ditanya dihadapan Babinsa, Ketua BPD, Tokoh Agama serta beberapa warga masyarakat yang hadir dilokasi saat itu, terkait apakah didalam petak bangunan kayu rencana penangkaran Kepiting Bangkang tersebut ada tumbuh pokok kayu Bakau (Mangrove-red), dengan jelas Kepala Desa Berindat Yusnani mengatakan,"kalau setau saya, didalam petak rencana penangkaran ini, tidak ada pula pokok kayu Bakau (Mangrove-red) yang tumbuh, pokok Bakau itu, seperti yang pak wartawan lihat, berada berbatasan dengan lahan parkir ini, artinya sebelum penangkaran ini dibuat, tidak ada pokok Bakau yang tumbuh diareal dibagian dalam kotak penangkaran ini".(Bersambung/edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ