ROHIL-(MOMENRIAU.COM). Kurang lebih dua tahun beroperasinya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Balam Sawit Sejahtera (PT. BSS) yang bergerak dibidang Pengolahan minyak kelapa sawit yang terletak di Balam Sempurna KM 23 Balam Sempurna Kecamatan Balai Jaya Kabu

Bau Menyengat Limbah PT BSS Terus Dirasakan Warga sampai saat ini

Jumat, 21 Juni 2019 - 21:51:27 WIB Cetak

ROHIL-(MOMENRIAU.COM). Kurang lebih dua tahun beroperasinya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Balam Sawit Sejahtera (PT. BSS) yang bergerak dibidang Pengolahan minyak kelapa sawit yang terletak di Balam Sempurna KM 23 Balam Sempurna Kecamatan  Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir, permasalahan terkait limbah pengolahan yang menghasilkan bau tak sedap serta udara yang tidak sehat terus menyelimuti warga sekitarnya.

Hal ini terbukti diketahui sebelumnya beberapa warga sekitar yang langsung merasakan  dampak bau tak sedap dan udara yang menyesakkan. 

Terlebih dampak dari limbah hasil pengolahan itu bagi kondisi anak anak yang ada disekitar pabrik pernah melakukan unjuk rasa atas keberadaan pabrik yang berada di tengah - tengah pemukiman warga di dua wilayah Kecamatan Bangko Pusako dan Kecamatan Balai Jaya .

Namun tuntutan warga yang disampaikan kepada managemen pihak perusahaan agar melakukan perbaikan terhadap pembungan limbah cair yang mengakibatkan bau busuk dan asap yang dikeluarkan pabrik serta suara bising masih terus dirasakan warga sekitar. 

Nanok Warga Balam KM 22 Kepenghuluan Balam Sempurna Kecamatan Bangko Pusako -Rohil saat dikonfirmasi mengatakan warga disini masih terus menghirup bau busuk dan udara yang sesak pak. " Ujarnya. 

Dikatakan Nanok " Anehnya dulu banyak Media dan LSM yang menyoroti keluhan kami disini,  tapi sekarang sepertinya sudah aman aman aja". Ada apa ya? Terus kemana lagi kami mau mengadu,  pemerintah juga sepertinya sulit dan diduga lebih berpihak kepada perusahaan, "  Ujarnya dengan wajah pasrah. 

Saat ditanya bau busuk limbah kepada Manejer HRD Yulianus melalui Whaatsapp pribadinya Kamis 20 Juni 2019 mengatakan Bau untuk saat ini sudah banyak kurang dibanding sebelum demo kemarin. 

Sesekali pasti ada bang. Kami terus melakukan perbaikan untuk hal ini. Sebutnya melalui pesan singkat. 

Sumber : wawasan riau.com.




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ