Pemkab Rohil Serius Rangkul Mualaf

Pembangunan Mesjid Laksamana Cheng Ho Diharapkan Mampu Jadi Pusat Pembinaan

Selasa, 18 Juni 2019 - 08:16:58 WIB Cetak

Sekda Surya Arfan memberikan santunan kepada para mualaf

BAGANSIAPIAPI- Sekdakab Rokan Hilir Surya Arfan didampingi ketua DMI Rokan Hilir Wazirwan Yunus, Camat Bangko bersilaturahmi dengan mualaf yang ada di Kabupaten Rokan Hilir khususnya di kecamatan Bangko. Dalam pertemuan yang diadakan di lantai 4 kantor BPKAD Rokan Hilir ini turut dihadiri oleh para mualaf yang tergabung di PITI dan mualf dari suku lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Sekdakab Surya Arfan menyampaikan keprihatinannya terhadap keadaan mualaf Rokan Hilir yang katanya berjumlah 200 an namun masih tidak ada pembinaan. 

"Sudah menjadi tugas kita umat muslim untuk sama sama membina para mualaf ini. Kami tersentuh mendengar beberapa kisah yang disampaikan oleh saudara kita tentang perjuangan mereka mempertahankan akidahnya. Makanya untuk itu, pemerintah Kabupaten Rokan. Hilir akan menseriusi masalah ini. Dan untuk itulah kami rasa perlu adanya mualaf center yang harus di bangun ditengah Rokan Hilir yang akan kita pusatkan di Bagansiapiapi untuk menyelesaikan masalah ini,"sebut sekdakab Surya Arfan dihadapan para mualaf yang hadir. 

Dari permasalahan inilah kata Surya menjadi salah satu latar belakang rencana pembangunan mesjid Laksamana Cheng Ho di Bagansiapiapi. Nantinya, setelah mesjid tersebut di bangun akan menjadi pusat pembelajaran dan bimbingan bagi para mualaf yang saat ini berdasarkan informasi ada sebanyak 200 orang di Rokan Hilir. 

"Rencananya kita akan bangun mesjid Laksamana Cheng Ho di sini, dan maksud kita tersebut di sambut baik oleh para perantau Tionghoa asal Bagansiapiapi. Nantinya di mesjid itulah kita akan adakan pengajian bagi para sahabat (mualaf,red) kita akan pusatkan di sana. Selain itu, diluar nya kita akan coba buka stand makanan, jadi bagi teman teman yang bisa masak akan kita buatkan usaha Susana untuk membantu perekonomian. Karena tak hanya dukungan moril saja, namun juga dukungan materil bagi saudara kita ini juga menjadi tanggung jawab  umat muslim bersama,"sebut Surya. 

Beberapa hal mengenai pembangunan mesjid pun disampaikan dan dari dipilih yang dilakukan, tampaknya para mualaf yang hadir saat itu sangat menyambut baik. Krena menurut mereka, sejak memeluk Islam tak pernah ada pengujian yang bisa mereka ikuti. 

"Selain itu, kita juga sudah membentuk UPZ untuk pengumpulan zakat ASN, kita akan minta kepada BAZNAS agar sahabat kita ini bisa mendapatkan sebagiannya. Ini bentuk dukungan pemkab Rokan Hilir untuk para mualaf yang ada,"ujarnya. 

Tak cukup sampai disitu, peletakan batu pertama pembangunan mesjid Cheng Ho yang rencananya dilakukan pada 17 Juni nanti akan turut dihadiri oleh Gubri, pada momen tersebut pra mulai asal Rokan Hilir akan diundang.

"Nanti kita bertemu dengan pak Gubernur, disana kita akan perkenalkan bahwa sahabat semualah yang akan mengisi beberapa kegiatan yang ada, bagi yang bisa masak, di lokasi acara akan kita buatkan stand, disana bisa untuk berjualan bagi saudara kita ini,"tutupnya. 

Usai mengikuti pertemuan, Sekda Surya Arfan pun menempat kan diri untuk berbagi. 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ