RSUD Arifin Achmad Terima Sertifikat Pelayanan Kardiovaskular Kemenkes

Senin, 20 Desember 2021 - 11:47:55 WIB Cetak

MOMENRIAU.com (PEKANBARU) - RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menerima sertifikat pelayanan kardiovaskular predikat mandiri. Sertifikat ini sebagai bukti RSUD tersebut, mampu melaksanakan tindakan bedah secara mandiri dari Kemenkes RI, di Aula Serbaguna RSUD Arifin Achmad, Senin (20/12/21).

Sertifikat pelayanan kardiovaskular ini diterima langsung oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi oleh Plt Dirut RSUD Arifin Achmad, Wan Fajriatul, dan Ketua DPRD Riau, Yulisman.

Gubri menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat atas diraihnya sertifikat ini. Ia berharap ke depannya pelayanan jantung di RSUD Arifin Achmad dapat terus ditingkatkan dan menjadi rumah sakit rujukan jantung.

"Alhamdulillah atas sertifikat ini, tentu kita berharap pelayanan di rumah sakit dapat terus kita tingkatkan," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Dirut RSUD Arifin Achmad menjelaskan, adanya sertifikat ini, maka RSUD Arifin Achmad dinilai telah sanggup untuk melakukan pelayanan mandiri operasi bedah jantung.

Ia mengungkapkan, acara penyerahan sertifikat pelayanan kardiovaskular kepada Gubernur Riau merupakan peristiwa bersejarah, bagi seluruh masyarakat Riau. Karena sebutnya, saat ini pelayanan kardiovaskular di Indonesia masih belum  merata. 

Terangnya, pelayanan penyakit jantung atau kardiovaskular pada semua daerah di Indonesia belum sesuai kebutuhan. Karena kecenderungan tenaga kesehatan dokter jantung dan bedah jantung terkonsentrasi di kota-kota besar dan pulau Jawa, sehingga kualitas layanan masih belum merata di setiap fasilitas pelayanan kesehatan, khususnya di luar Jawa. 

"Alhamdulillah RSUD Arifin Achmad sudah menjadi predikat mandiri pelayanan operasi bedah jantung, sehingga kami mampu untuk melakukan operasi bedah jantung karena memang sudah memiliki tim dokter tim dan perawat yang sangat kuat," ucapnya.

Ia berharap, melalui layanan ini, masyarakat di Provinsi Riau yang mengalami keluhan jantung dapat langsung berobat ke RSUD Arifin Achmad dan tidak lagi mengeluarkan banyak biaya untuk ke luar daerah bahkan hingga luar negeri.

"RSUD sudah bisa melakukan operasi (jantung) mandiri yang selama ini memang melakukan operasi dengan pendampingan dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita," sebutnya.

Wan Fajriatul menambahkan, per Desember 2021 ini, RSUD Arifin Achmad telah melakukan operasi untuk 100 pasien jantung, baik itu operasi katup jantung dan operasi jenis lainnya.

Ia menerangkan, RSUD Arifin Achmad sebenarnya sudah melakukan operasi jantung ini sejak dua tahun lalu. Namun karena adanya pandemi COVID-19, sehingga prosesnya lebih dari dua tahun.

Dirut RSUD Arifin Achmad menambahkan, untuk peralatan dan dokter, saat ini RSUD Arifin Achmad sudah memiliki dua orang dokter spesialis bedah jantung. Menurutnya, kedepannya tim ini akan terus diperkuat.

"Awalnya kami hanya memiliki satu dokter spesialis bedah jantung, tapi per bulan Desember ini kami sudah menambah satu lagi dokter jantung, sehingga timnya diperkuat. Kemudian, akan menambah tim untuk perawat dan dokter," tambahnya.

Wan Fajriatul mengungkapkan, saat ini peralatan bedah jantung di RSUD Arifin Achmad sudah cukup memadai karena adanya dukungan dari anggaran APBN melalui DAK dan APBD juga mensupport. Dan rencananya tahun 2022 akan dibangun sebuah gedung jantung terpadu yang rencananya akan terintegrasi dengan IGD RSUD Arifin Achmad.

"Nanti ada ruang operasi jantung dua ruangan di gedung yang sama, sehingga pelayanan jantung kami akan terintegrasi dengan IGD. Jadi saya harap ke depannya, masyarakat kita yang mengalami gangguan di jantung bisa berobat ke RSUD Arifin Achmad," sebutnya. 

(Sumberriau.go.id) 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ