Disdukcapil Rohil Lakukan Perekaman KTP-el Bagi Pemula di Hari Libur

Ahad, 31 Maret 2019 - 19:04:26 WIB Cetak

Disdukcapil Rohil lakukan perekaman KTP-el bagi pemula pada hari libur

BAGANSIAPIAPI, MOMENRIAU.COM- Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tetap melakukan perekaman KTP Elekstronik (E-KTP)pada hari libur kerja. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut putusan Makamah Konstitusi (MK) untuk percepatan perekaman E-KTP bagi pemula yang belum melakukan perekaman.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Disduk Capil Rohil, Basarudin saat dikonfirmasi disela acara pembukaan lomba sepatu roda yang memperebutkan piala Bupati Rohil, Minggu (31/3/2019) di halaman Kantor BPKAD Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Rohil, Propinsi Riau.

"Menjelang pemilu 17 April 2019, Disduk capil Rohil akan tetap melaku perekaman KTP-Eletronik di hari libur kerja untuk melayani perekaman terhadap penduduk yang belum melakukan perekaman (pemula-red) atau sama sekali yang belum pernah melakukan perekaman, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi hak konstitusional penduduk agar dapat menggunakan hak pilihnya," kata Basarudin.

Lanjut Basarudin, perekaman di hari libur kerja ini kami lakukan sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri RI dalam rangka percepatan perekaman KTP-el sebagai tindaklanjut putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 20/PUU-XVI/2019 Tanggal 26 Maret 2019," jelasnya

Putusan MK ini lebih jauh dijelaskan Basarudin, pada intinya memerintahkan Bupati/Wali Kota agar memerintahkan Disduk Capil untuk melakukan dukungan dan percepatan perekaman KTP-el bagi warga negara Indonesia wajib KTP-el.

"Perintah tersebut agar Disdukcapil melaksanakan pelayanan perekaman pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur lainnya, melaksanakan pelayanan jemput bola kelokasi penduduk yang rentan administrasi kependudukan, menerbitkan SK bagi penduduk yang sudah melakukan perekaman KTP-el dan belum bisa dicetak. Selain itu Disduk juga diminta untuk berikan dukungan kepada KPU dalam hal pengecekan data yang diperlukan pada hari pemungutan suara nanti," ungkapnya.

Sesuai dengan surat perintah tersebut, dikatakan Basarusin bahwa Disdukcapil Rohil sudah melakukannya sebagaimana yang dilaksanakan pada hari Minggu, (31/3) di sela-sela kegiatan lomba sepatu Roda piala Bupati Rohil yang berlangsung dihalaman Kantor BPKAD Rohil Jalan Merdeka Bagansiapiapi, pihak DisdukCapil Rohil melakukan perekaman KTP-el bagi pemula dengan memanfaatkan ruang tunggu Kantor BPKAD Rohil (Irwan)

 

 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ