Muscam LAMR Datuk Mukhtiar Terpilih Pimpin DPH Basira

Ahad, 11 Juli 2021 - 12:44:46 WIB Cetak

BASIRA-Musyawarah Kecamatan Pembentukan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Bagan Sinembah Raya Kabupaten Rokan Hilir yang berlangsung khimad, serta memutuskan Dewan Pengurus Harian (DPH) Datuk Mukhtiar pimpin LAMR Kecamatan Basira.Minggu (11/07)

Ketua Terpilih Muscam Lembaga Adat Melayu Riau yang juga sebagai Penyuluh Agama Islam (PAI) Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Muhtiar, mari kita kembangkan budaya kita dan bangun jati diri kita untuk mempersatukan budaya kita agar lebih dikenal.

"Mari kita kenali budaya kita dengan melibatkan mereka dari berbagai kalangan dan menjadi tuan dinegeri itu sendiri,"ucapnya.

Pengurus LAMR Provinsi Riau,Tuan Ir.Gamal Abdul Nasir MM dalam sambutanya mengatakan jadilah Melayu  sebagai penghulu di negeri sendiri dengan tetap mengutamakan azas kebersamaan dengan norma-norma Islam sebagai dasar berdirinya Lembaga Adat Melayu Riau.

"Melayu harus jadi penghulu di negeri sendiri jangan di pandang sebelah mata anak Melayu itu cukup berprestasi jadi bukan seperti bahasa miring yang selalu kita dengar anak Melayu semua itu tidak benar karena Melayu itu sangat maju contoh malasyia dan Brunai darusallam adalah negara Melayu,"tuturnya.

Diterangkan Tuan Ir Gamal Abdul Nasir MM menyampaikan saatnya LAMR merubah paradigma lama hanya dibutuhkan saat acara adat saja tetapi mulai berbicara untuk kesejahteraan masyarakat  dan pendidikan anak-anak di provinsi Riau.

"Sunguh miris kita 7 persen angka kemiskinan di Provinsi Riau saat ini dari angka tersebut hampir seluruhnya adalah anak Melayu yang masih miskin dengan program yang sudah kita dapat bagaimana bagaimana kedepannya LAMR dapat meningkatkan anak-anak Riau ini untuk wilayah Basira agar peran LAMR Basira menjadi percontohan dalam mensejahterakan warga Riau ,"tuturnya.

Camat Bagan Sinembah Raya Drs HM Yusuf MSi dalam sambutannya bahwa Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) sangat penting keberadaanya untuk kemajuan Kecamatan Bagan Sinembah Raya dan semoga dapat bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan mentaati kebijakan Bupati.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Musyawarah Kecamatan Lembaga Adat Melayu Riau resmi saya buka,"Pungkasnya (Ndri)

 

 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ