Kesiapsiagaan Personil, Kapolsek Panipahan Pimpin Pengecekkan Pelaratan Karlahut

Rabu, 19 Mei 2021 - 16:26:26 WIB Cetak

PANIPAHAN -- Kapolsek Panipahan, Iptu Boy Setiawan SAP Msi memimpin langsung kegiatan apel pengecekkan peralatan penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Mapolsek Panipahan yang terletak di jalan Poros Panipahan Darat kepenghuluan Panipahan, kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Pos Bhabinkamtibmas Sungai Daun jalan lintas PU kepenghuluan Sungai Daun kecamatan Palika pada Rabu (19/5) itu adalah dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) didaerah pesisir.

Dari pengecekkan terhadap sarana dan prasarana yang ada di Mapolsek diketahui bahwa satu Unit  Mesin Air Tracker Honda, satu unit mesin pumpa air merk Mresto, 3 gulung selang, satu selang hisab dan satu buah nojel.

Sementara itu dari pengecekkan peralatan di Pos Bhabinkamtibmas Sungai Daun yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, Bripka JM Sialagan dan salah seorang personil Masyarakat Peduli Api (MPA) itu didapati peralatan lengkap. 

" Diantaranya adalah satu Unit  Mesin Air Subaru, satu unit mesin pumpa air merk bambo 3 gulung selang, 2  selang hisab, 2 buah nojel, serta 2 unit mesin berada  di Dusun Lidah Tanah dan Dusun Tuah Sekato dimana wilayah tersebut adalah rawan terjadinya kebakaran, " jelas Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik melalui Kapolsek Panipahan, Iptu Boy Setiawan. 

Menurut Kapolsek, bahwa kegiatan pengecekan kesiapsiagaan personil Polsek Panipahan dan peralatan penanggulangan karlahut. 

" Juga sebagai persiapan menangani apabila terjadinya karhutla diwilayah Hukum Polsek Panipahan," terangnya kembali. 

Dalam kesempatan itu dirinya juga mengingatkan warga masyarakat agar tetap bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam penanganan dan pencegahan kebakaran. 

" Segera laporkan jika nengetahui adanya kebakaran, sehingga tindakan cepat dapat diambil. Namun demikian, kita juga menghimbau agar tidak melakukan pembakaran lahan, " himbau Iptu Boy Setiawan. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ