HUT APDESI ke-16, Kades Dituntut Tetap Komit Bangun Desa

Senin, 17 Mei 2021 - 12:24:02 WIB Cetak

Ketua APDESI Riau, H Sutejo Spd

BAGANBATU -- Dalam rangka merayakan HUT Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) ke-16, untuk itu seluruh Kepala Desa (Kades) atau Datuk Penghulu se Provinsi Riau dituntut untuk tetap komit membangun desanya masing-masing. 

Hal ini seperti yang ditegaskan oleh Ketua APDESI Riau, H Sutejo Spd saat dikonfirmasikan awak media, Senin (17/5).

Menurutnya,  hal ini sesuai dengan nawacita yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia, yakni membangun Indonesia dari pinggiran, membangun indenesia dari pedesaan.

" Harapan APDESI, agar seluruh Kepala Desa (Kades) dapat membangun desanya lebih baik. Dan seluruh Kades juga harus mengikuti organisasi APDESI dengan baik beserta aturanya agar seluruh persoalan yang ada di desa bisa di akomodir lewat pengurus APDESI," jelasnya. 

Dan yang paling utama, lanjut pria yang juga merupakan Datuk Penghulu Bagan Sapta Permai,  kecamatan Bagan Sinembah ini lagi sebagai seorang pengurus juga harus berkomitmen dan dapat menjalin kerjasama kepada pemerintah baik vertikal dan horizontal.

" Dana DD dana ADD tidak semata-mata terjun dan terealisasi begitu saja, semua itu adalah bagian dari perjuangan APDESI yang berbuat tidak mengenal lelah.Sekarang tinggal menikmati dana yang di salurkan pemerintah pusat dan daerah untuk kesejahteraan pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, maka hargailah atas perjuangan-perjuangan pendahulu paling tidak ikut dalam organisasi profesi APDESI dengan baik," tegas Sutejo. 

Menurutnya APDESI adalah organisasi profesi yang dibentuk dalam rangka mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara bertahap, khususnya dalam bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa.

H Sutejo juga menyatakan bahwa berdirinya APDESI adalah untuk mengangkat harkat martabat kepala desa bersama perangkatnya. Namun disisi lain APDESI juga memiliki kewajiban untuk mendukung program-program pembangunan. Termasuk pembangunan yang saat ini giat dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau.

" Kita patut mendukung program-program pembangunan yang diusung oleh beliau. kita sebagai anak-anaknya harus patuh, jika melawan akan durhaka. Tentu kita tidak ingin menjadi anak yang durhaka," katanya lagi. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ