Kader PKK dan Posyandu Sekecamatan Basira Di Skrining, Langkah Sukseskan Gerakan Eliminasi TBC 2030

Ahad, 21 Maret 2021 - 14:18:22 WIB Cetak

BASIRA-Menyambut Hari TBC Sedunia (24/03) mendatang serta dalam rangka Gerakan Eliminasi TBC 2020 Seluruh Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Kader Posyandu menjalani Screening di Kantor Camat Bagan Sinembah Raya.Minggu (21/03).

Dari pantauan awak media terlihat seluruh Kader PKK dan Posyandu mengikuti Screning TBC yang ditaja oleh Ketua Tim Pengerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sri Mulyani Yusuf, dan Kepala Pukesmas Boltrem,Dr Sri Purwati Ninggsih tampak ikut menyaksikan Camat Bagan Sinembah Raya, Drs.HM Yusuf M.Si yang didampingi Kasubag Kepegawaian Halaman S.Ap.

Kepala Puskesmas Boltrem Dr Sri Purwati Ninggsih menyampaikan akan bahayanya Tuberkulosis terhadap manusia dapat menyebabkan infeksi bakteri serius sehinga dapat menyerang paru-paru juga bagian lain otak, tulang belakang dan ginjal.

"Dengan melalui gerakan Eliminasi TBC 2030 saat ini perlunya kita melakukan skrining Tuberkulosis sedini mungkin guna mendapatkan datan dan mendeteksi jika terjadi Infeksi ditubuh kita,"terang kepada awak media.

Sementara Ketua TP Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Sri Mulyani Yusuf mengatakan saat ini hampir seluruh Kader PKK dan Posyandu mengikuti Skrining TBC dengan tetap mematuhi Prokes.

"Jelas PKK dan Posyandu adalah garda terdepan sebagai pendamping dalam melaksanakan program pemerintah terlebih hal yang menyangkut persoalan keluarga baik secara kesehatan maupun kesejahteraan,"Ucapnya dengan semangat. 

Dilanjutkan Sri Mulyani Yusuf skrining ini dalam mendeteksi kemungkinan terindikasi terinfeksi TBC juga kegiatan ini sebagai sarana meningkatkan pengetahuan kepada kader tentang TBC,"sehinga dapat mengurangi stigma terhadap orang penderita terindikasi TBC dan meningkatkan kesadaran untuk ikut serta dalam oenangulang TBC di Kecamatan Bagan Sinembah Raya,"jelasnya.

Camat Bagan Sinembah Raya, Drs HM Yusuf MSi saat ditemui awak media momenriau.com mengatakan kegiatan ini dilaksanakan oleh PKK Kecamatan Bagan Sinembah Raya bersama Puskesmas Boltrem.

"Antusias Kader PKK dan Posyandu dalam pelaksanaan Skrining sangat luar biasa semoga ini menjadi trend positif kedepanya sehinga gerakan Eliminasi TBC 2020 di Bagan Sinembah Raya mendapatkan hasil yang memuaskan sehinga di wilayah kita terbabas dari Penyebaran Tuberkulosis,"Kata yusuf.

Dirinya juga menyampaikan Selaku Dansatgas gugus Covid-19 Kecamatan Bagan Sinembah Raya mengapresiasi walaupun di hadiri kader PKK dan Posyandu di berlakukan secara bertahap dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kegiatan tersebut kita pantau dan sudah sesuai aturan dengan menerapkan protokol Kesehatan selaku Dansatgas Gugus Covid-19 mengapresiasi dan kegiatan tersebut layak untuk di contoh dalam setiap kegiatan,"Pungkasnya (Ndri) 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ