FASILITASI PENGELOLAAN BINA MENTAL SPRITUAL".

"Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an Ke-IX Tahun 2021 Oleh Bupati Lingga".

Ahad, 14 Maret 2021 - 07:25:06 WIB Cetak

"Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an Ke-IX Tahun 2021 Oleh Bupati Lingga".

     (Momenriau.com Lingga). Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ-red) yang ke IX tahun 2021 oleh Bupati Lingga M.Nizar S.Sos, dilaksanakan bertempat dilapangan didepan Kantor Bupati Lingga, pada hari Kamis (11/03-2021), tepatnya mulai pukul 20:35 Wib malam, berjalan sukses.

     Kegiatan keagamaan yang merupakan agenda tetap Pemerintahan Kabupaten Lingga ini, dikoordinir oleh Bagian Kesra Setda serta kononnya dana yang digelontorkan bersumber dari APBD dengan nama paket "FASILITASI PENGELOLAAN BINA MENTAL SPRITUAL".

     Diantara rangkaian acara pembukaan dimaksud, turut memberikan kata sambutan adalah Wakil Bupati Lingga yang juga sebagai Ketua LPTQ Lingga Neko Wesha Pawelloy, B.C.SC, sembari mengucapkan rasa terima kasihnya yang mendalam, kepada Bupati Lingga yang akrab disapa bang Nizar dengan penuh rasa haru.
     "Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, yang kami hormati bapak Gubernur Kepri yang hari ini diwakili oleh Asisten Satu yaitu bapak Juramadi Esram, yang kami hormati....dan secare pribadi saye banggekan...abangde saye Bupati Kabupaten Lingga bapak Muhammad Nizar beserta ibu", demikian Neko Wesha Pawelloy mengawali sebagian kata sambutannya.
     Lebih lanjut Neko Wesha Pawelloy mengucapkan,"adat melayu bersendikan agame, agame itu bersendikan kitabullah, berpakat berusahe kite bersame, dengan Al-qur'an Lingge ditolong Allah".

     " Hari ini, saya berdiri disini, bapak Nizar lah yang hari ini betul-betul mendidik saya, menuntun saya, ini Insya-Allah, kami akan jalankan betul-betul dengan amanah sampai pada tahun-tahun mendatang, mungkin sedikit yang ingin saya sampaikan kepada seluruh anggota DPRD sebagai rekan-rekan, pada kesempatan ini juga saya ucapkan terima kasih, kepada tokoh masyarakat, saya ucapkan terima kasih, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lingga juga saya ucapkan terima kasih, karena, atas kerja sama yang tulus ikhlaslah, sehingga insya-Allah, pelaksanaan STQ ini, akan dapat berakhir dengan baik", demikian Neko Wesha Pawelloy mengakhiri kata sambutannya.

     Cuplikkan sambutan Bupati lingga M. Nizar S.Sos, "dengan sama-sama melafaskan Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad, wa ala ali sayyidina Muhammad...yang terhormat dan kita banggakan, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dan yang hadir secara langsung pada malam hari ini, bapak Asisten Satu Provinsi Kepulauan Riau yakni, suhu abangda kita Juramadi Esram yang dulunya beliau juga pernah bekerja di Kabupaten Lingga, kemudian beliau juga pernah menjabat sebagai PJ Bupati Kabupaten Lingga mengisi kekosongan di saat kontestasi pilkada Lingga beberapa waktu lalu", demikian Bupati Lingga mengawali kata sambutannya.

     Lebih lanjut bagian cuplikkan pada kata sambutan Nizar juga berucap, "keluarga saya, saudara-saudara saya, semuanya yang hadir pada malam hari ini, dalam acara pembukaan STQ dengan kesederhanaannya ini, ada daftar kegiatan yang tidak lazim untuk kita buang, namun karena berkaitan dengan Covid19 ini, mau tidak mau terpaksa kita mengurangi itu, agar dapat mencegah dari pada kerumunan, keramaian, supaya kita semua sama-sama tidak menjadi fitnah diantara kita dan tidak kena bully di sana-sini, kita lebih baik mencegah dari pada kita melakukan hal-hal yang barangkali akan menimbulkan konflik di tengah-tengah masyarak".

     Sambutan Asisten Satu pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau Dr.Drs H. Juramadi  Esram, SH ,MT ,MH mewakili Gubernur,"mengawali sambutan ini, marilah kita panjatkan puji syukur yang sedalam-dalamnya ke hadirat Illahi Rabbi yang telah memberikan rahmat Taufik dan Hidayahnya kepada kita semua, sehingga dapat hadir bersama di sini dalam rangka pembukaan STQ ke IX Kabupaten Lingga tahun 2021".
     Lebih lanjut pidato  Dr.Drs H. Juramadi  Esram, SH ,MT ,MH mengucapkan,"Shalawat dan Salam, senantiasa kita kirimkan kepada nabi besar Muhammad Shallallahu alaihi Sallam dengan mengucapkan Allah huma shali 'ala sayyidina Muhammad, wa 'ala ali sayyidina Muhammad".
     "Bapak Ibu yang dirahmati Allah, sebagaimana kita ketahui STQ merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki peran sangat strategis dalam fungsinya, untuk menjabarkan, mengembangkan serta mengimplementasikan pokok-pokok ajaran keagamaan yang fundamental dan hakkiki, Alquran yang juga diikuti dengan hadis dan sunnah Rasulullah SAW, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dan menjadi pedoman hidup bagi umat Islam maupun dalam fungsinya, untuk melakukan pembinaan dan mendorong umat agar memiliki pemahaman, kesadaran serta tanggung jawab, dalam pelaksanaan tuntunan agama, baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial kemasyarakatan bangsa kita", tegas Dr.Drs H. Juramadi  Esram, SH ,MT ,MH.

     "Dalam perkembangan zaman saat ini, kecintaan kita kepada Alquran sebagai kalam illahi, insya Allah tidak akan mudah tergerus oleh waktu dengan berbagai kegiatan duniawi, diharapkan, kita semua lebih proaktif melakukan upaya menjaga kemurnian, kesucian dan kemuliaan kitab suci Alquran, kita jangan sekali-kali merasa bangga dan puas melihat pengembangan sipembaca Alquran yang ditampilkan dalam setiap MTQ, namun ke depan kita harus lebih memperhatikan implementasi dan pengamalan ajaran Alquran itu dalam kehidupan sehari-hari, ke depannya, kita berharap agar lebih banyak lahir Hafiz dan Hafizah dari Provinsi Riau khususnya dari Kabupaten Lingga, dengan demikian, semoga kita semua senantiasa diberikan hidayah untuk mengantarkan anak kita menuntut ilmu agama, secara kaffah", demikian Dr.Drs H. Juramadi  Esram, SH ,MT ,MH.

     Sambutan Ketua pelaksana kegiatan STQ oleh H. Jaya Atmajariya, "dalam kepanitiaan ini, izinkan kami menyampaikan laporan pelaksanaan STQ ke-IX Kabupaten Lingga di Kecamatan Lingga sebagai berikut".
     Lebih lanjut H. Jaya Atmajariya mengatakan,"satu, dasar pelaksanaan kegiatan seleksi Tilawatil Quran ke-IX Kabupaten Lingga tahun 2021 di kecamatan Lingga adalah, surat keputusan Bupati Lingga nomor 95/1/2021 tanggal 13 Januari 2021, tentang pembentukan panitia sembilan tingkat Kabupaten Lingga di kecamatan Lingga tahun 2021".
   "Maksud dan tujuan; untuk meningkatkan silaturahmi serta mempererat ukhuwah islamiyah umat Islam di Kabupaten Lingga, keDua; menjadikan diri kita dekat pada Allah subhanahu wa ta'ala dan mencintai nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam melalui serangkaian kegiatan yang disebut dengan seleksi Tilawatil Quran", demikian sebagian penyampaian H. Jaya Atmajariya pada malam pembukaan STQ ke-IX Kabupaten Lingga.

     Kelihatan hadir pada acara pembukaan STQ ke-IX tingkat Kabupaten Lingga antara lain, Bupati Lingga M.NIZAR,S.SOS
Wakil Bupati Lingga Neko Wesha Pawelloy B.C.SC (HONS), Pj Sekda Lingga Syamsudi S.PD, Kajari Lingga Paian Tumanggor SH, Kapolres Lingga AKBP. ARIEF RACHMAN,SHSIK,M.SI (Diwakili ), Danlanal Dabosingkep Letkol Laut (P) Didik Hermawan Mtr Oplsa, Kepala Kantor Kemenag Kab.Lingga M.Nasir MH, tokoh masyarakat, para alim ulama dan undangan lainnya.(***).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ