Bagan Batu Membara, Ratusan Kios Ludes Terbakar

Rabu, 24 Februari 2021 - 12:33:17 WIB Cetak

BAGANBATU --- Ketenangan warga masyarakat Bagan Batu,  kecamatan Bagan Sinembah pada Selasa (23/2) sekitar pukul 20.00 wib berubah drastis menjadi bising dan penuh dengan hiruk pikuk. 

Pasalnya, peristiwa kebakaran kembali melanda pasar pagi Pajak Lama Bagan Batu Kota untuk yang kedua kalinya. 

Kendati tidak ada korban jiwa, namun peristiwa itu memgakibatkan setidaknya ratusan kios dan los yang ada di Pajak Lama ludes dilalap sijago merah. Sehingga menyebabkan  para pedagang dan pemilik kios dan los mengalami kerugian materi. 

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dilokasi kejadian menyebutkan, bahwa api diduga berasal dari bagian kios dan los yang ada dibagian belakang Pajak Lama. 

Api dengan cepat bergejolak dan melalap seluruh bangunan kios dan los yang masih didominasi terbuat dari kayu itu hingga akhirnya merembet sampai dibagian depan Pajak Lama. 

Mobil pemadam kebakaran milik Pemda yang hanya satu unit pun seolah tak berdaya menghadapi besarnya kobaran api. Bahkan, upaya warga masyarakat yang ada disekitar bagian belakang Pajak Lama juga berusaha melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. 

Terlihat personil Polsek Bagan Sinembah dan Koramil 03/Bgs juga turun dilokasi. Hal ini selain untuk mengamankan lokasi juga mengantisipasi terjadinya aksi penjarahan. 

Kebakaran hebat itu pertama kali diketahui pada saat warga sekitar selesai melaksanakan sholat Isya di Mushollah An-Nas Pajak Lama tiba-tiba melihat api  dari empat kios pajak milik, Budi yang biasa menjual kelapa, H Gogo menjual ayam potong, Harahap menjual kelapa dan Sahat Simatupang yang masih kosong.

Di mana kios - kios tersebut posisinya di tengah areal Pajak Lama dan bangunan kios satu dinding, ketika pertama kali warga melihat api sudah marak namun belum membesar dan kemudian api menjalar melalui kabel listrik ke kios-kios lain.

Sementara menurut keterangan warga lainnya,  Yusuf (50) bahwa dirinya melihat titik api sekira pukul 19.50 wib di asbes kios milik Sahat Simatupan yang kemudian menjalar ke kios-kios lain.

" Kita sudah turunkan personil untuk melakukan penyekatan dan pengaturan arus lalulintas. Dan kita juga terpaksa harus menggunakan sistem buka tutup,  karena kawasan jalan di Pajak Lama tidak mungkin dilalui oleh kendaraan, " jelas Kapolsek Bagan Sinembah,  Kompol Indra Lukman Prabowo SH Sik dilokasi kejadian. 

Dan untuk upaya pemadaman, lanjut Kapolsek lagi pihaknya juga sudah mencoba mencari bantuan mobil pemadam kebakaran dari luar. " Kalau mengandalkan mobil damkar yang ada jelas tidak akan mampu. Dan untuk itu kita sudah menghubungi mobil damkar milik PT Ivomas, " terang Indra lagi. 

Usaha keras akhirnya membuahkan hasil, dimana sekitar pukul 23.00 wib api berhasil dipadamkan. " Sekarang kita bersama tim Inafis sedang melakukan penyelidikan dilapangan, " ungkap Kapolsek lagi. 

Sementara itu menurut salah seorang pedagang,  Gema mengatakan, bahwa musibah kebakaran yang melanda Pajak Lama Bagan Batu adalah yang kedua kalinya. 

" Dulu juga pernah terjadi sekitar tahun 2005 lalu, dan sekarang kebakaran kembali terjadi di Pajak Lama, " jelasnya. 

Dirinya juga mengaku bahwa barang-barang dagangannya tidak ada yang bisa diselamatkan lagi. " Habis semua, mesin robin yang biasa untuk usaha parut dan peras kelapa juga hangus terbakar, " ungkapnya kembali. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ