Koramil 02/TP Padamkan Karhutla di Tanah Putih Tanjung Melawan

Senin, 22 Februari 2021 - 14:51:08 WIB Cetak

TANJUNGMELAWAN --- Personil Koramil 02/TP bersama dengan tim gabungan pada Senin (22/2) harus berjibaku memadamkan api yang melalap di lahan yang terletak kepenghuluan Labuhan Papan kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan.

Lokasi titik kebakaran yang terletak di titik kordinat   N.1'42'47.4048" dan E .101'13'35.1328", tepatnya diatas lahan milik Blok Rojali warga Dumai itu sampai sejauh ini masih diselidiki oleh pihak kepolisian Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan.

Bahkan, untuk sampai kelokasi titik api,  tim gabungan yang terdiri dari Koramil 02/Tanah Putih, Polsek Tanah Putih Tanjung Melawan, Humus  RPK, BBHA 1 dan 2, RML RPK, TRC RPK  17,  MPA serta BKM  RPK harus menempuh jarak dari Koramil sejauh 97 KM aspal, jalan tanah sejauh 13 KM dan kemudian dilanjutkan lewat kanal selama 2,5 Jam lewat spider.

Cuaca terik serta hembusan angin menyebabkan api semakin mudah membakar lahan gambut seluas 1 haktare.

Kendati demikian,  dengan menggunakan peralatan Thohatsu  P. 82  sebanyak 6 unit  P. 20 sebanyak 6 unit, Ministry sebanyak 3 unit,  Exapator 1 unit, Air bod  2 unit, dan Ministeker  5 unit, tim tetap berusaha melakukan pemadaman. 

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP MI Pol melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto kepada media mengatakan, bahwa sampai saat ini tim masih dilapangan untuk melakukan pemadaman. 

" Seluruh RPK melkukan sekat ditepi petak membuat sekat bakar, sebagian melakukan pemadaman. Bahkan, personil Polsek dan Koramil 02/TP juga terus membantu melakukan pemadaman," jelas Jemirianto.

Dan ketika ditanya kendala dilapangan, lebih jauh lagi Danramil mengatakan,  selain kondisi lahan juga masalah cuaca sangat berpengaruh. 

" Kendala paling mendasar yang harus dihadapi oleh tim adalah kondisi lahan Tanah Gambut, angin yang bertiup sangat kencang dari Timur ke Barat, " terang Kapten Arh Jemirianto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ