Diduga Konsleting, Dua Unit Rumah Ludes Dilalap Api

Selasa, 01 Desember 2020 - 21:12:17 WIB Cetak

Kobaran api menghanguskan dua unit rumah di kecamatan Rantau Kopar

RANTAU KOPAR --- Warga masyarakat di di Jalan Ahmad Yani RT 01 RW 02, Kelurahan Rantau Kopar, Kecamatan Rantau Kopar, pada Selasa (1/12)  siang digegerkan dengan adanya peristiwa kebakaran rumah. 

Berdasarkan data yang berhasil dirangkum menyebutkan, bahwa peristiwa kebakaran yang meludeskan dua unit rumah itu terjadi pada sekitar pukul 12.40 wib dan diduga kuat karena adanya konsleting listrik PLN. 

Kapolres Rohil, AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik yang dikonfirmasikan melalui Kapolsek Rantau Kopar, Ipda Awi Ruben SH membenarkan adanya peristiwa  kebakaran tersebut. 

Dijelaskan Kapolsek, bahwa dua unit rumah warga yang terbakar di Jalan Ahmad Yani RT 01 RW 02, Kelurahan Rantau Kopar, Kecamatan Rantau Kopar, yakni masing-masinh rumah Julimar dan rumah Kasmawati. 

Kapolsek juga menjelaskan bahwa peristiwa tersebut bermula pada Selasa (1/12) sekira pukul 12.40 Wib, saat tetangga depan rumah Julimar,  yakni Harto sedang berada di teras rumah dan tiba-tiba dirinya melihat asap menggumpal di belakang rumah Julimar. 

Melihat hal itu, kemudian dirinya langsung mendatangi dan disaat itu dirinya melihat api sudah mulai membesar. Oleh karena itu dirinya juga segera berupaya melakukan pemadaman bersama warga setempat. Akan tetapi api sudah berkobar diatas atap rumah. 

"Sambil berteriak dan meminta tolong, hingga semua penghuni rumah lainnya juga berhamburan keluar dan berusaha memadamkan api dengan alat seadanya," kata Awi Ruben. 

Bahkan, lanjut Awi Ruben, masyarakat berupaya melakukan pemadaman dengan alat seadanya, dan kemudian dirinya bersama anggota Polsek Rantau Kopar lainnya juga ikut melakukan upaya pemadaman dengan menggunakan mesin mini Striker Merk Honda milik pemerintahan Kecamatan Rantau Kopar, sambil menunggu pihak pemadam PT. CPI datang ke tempat kejadian. 

Kapolsek mengatakan, bahwa dari keterangan korban Julimar kejadian kebakaran terjadi sangat cepat, dan diperkirakan dalam waktu lebih kurang 30 menit sudah menghanguskan rumah Julimar dan Kasmawati, yang merupakan bangunan rumah petak dengan material bangunan dari papan kayu dan merupakan rumah panggung. 

Selanjutnya, sekira pukul 15.10 Wib Tim Damkar PT.CPI dibantu masyatakat dan pihak kepolisian melakukan pemadaman, hingga akhirnya api berhasil di padamkan sekira pukul. 15.40 Wib. 

" Penyebab kebakara diduga karena konsleting listrik, dan nilai kerugian atas musibah itu lebih kurang Rp 420 juta. Namun kita bersyukur, dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa," pungkas Ipda Awi Ruben. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ