Tokoh Masyarakat

Toni Karyadi ;"Selamat Jalan Lau Cek, Semoga Tenang Dialam Sana".

Ahad, 17 Mei 2020 - 16:03:31 WIB Cetak

Tjung Kiat alias Atok Aleng.

Toni Karyadi ;"Selamat Jalan Lau Cek, Semoga Tenang Dialam Sana".

     (Momenriau.com Lingga). Guyuran rinai hujan, sejak hari Jum'at (15/05-2020), seakan pulau Singkep sedang berduka atas kepergian Tjung Kiat seorang lelaki kelahiran kampung Cukas Kec.Singkep Barat Kab.Lingga tepatnya pada tanggal :06 Juli 1942 lalu.
     Lelaki bernama Tjung Kiat yang juga dipanggil Atok Aleng oleh orang-orang Melayu Di pulau Singkep ini, kabarnya beliau sebelumnya terkena serangan jantung dan diobati dirumah sakit Tanjungpinang.
     Dengan nama lengkap Tjung Kiat dan sangat dikenal dengan panggilan akrab sebagai Aleng Loya saat ini berdomisili di Kampung Paya Luas Timur Desa Raya ini, selain sebagai tokoh masyarakat Tionghoa di Kab.Lingga, juga sangat dikenal sebagai seorang supranutural.
     Semasa hidup Tjung Kiat, beliau sangat terkenal dengan jiwa sosial yang dimilikinya, selalu siap menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan, terutama tentang mengobati berbagai penyakit non medis.
     Ketika awak media kami mendapat informasi tentang Tjung Kiat, lalu kami menghubungi Toni Karyadi selaku tokoh muda tionghoa yang cukup dikenal dan disegani dikota Dabosingkep, dalam konfirmasi singkatnya, Toni Karyadi menjelaskan ;"Orang tua kita ini, punya kharisma besar, beliau (Tjung Kiat-red) sebagai tokoh, tempat orang-orang bertanya dan meminta nasehat".
     Lebihlanjut Toni menerangkan ;"selain sebagai tokoh masyarakat, Tjung Kiat juga memiliki kepandaian mengobati penyakit non medis dengan cara supranatural".
     Mengakhiri penjelasannya, Toni Karyadi mengatakan ;"orang tua kami ini, tempat orang-orang Tionghoa berobat penyakit non medis, namun beliau juga sering memperlakukan orang Melayu dalam hal pengobatan non medis, beliau tidak ada membedakan soal suku, itu mungkin yang membuat beliau sangat dihormati di Kabupaten Lingga ini".
     Dengan deretan papan nama turut berduka cita yang berderetan sepanjang jalan Paya Luas atas kepergian Tjung Kiat, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa seorang tokoh yang kharismatik telah pergi meninggalkan masyarakat Lingga untuk selamanya. Sesuai dengan apa yang diungkapan oleh Toni Karyadi alias Akhuai, kepergian Tjung Kiat membuat masyarakat merasa begitu kehilangan. Sebagai ucapan terakhir, media kami juga mengucapkan ;"Selamat Jalan Atok Aleng, Semoga Tenang Dialam Sana Dan Budimu Tetap Menjadi Tauladan Sepanjang Hayat Kami".(edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ