Dandim 0321Gelar Simulasi Di Basira Target 2020 Rohil Bebas Karlahut

Ahad, 16 Februari 2020 - 07:50:33 WIB Cetak

BAGAN SINEMBAH RAYA ( BASIRA) - Latihan Simulasi Penanggulangan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut)  Dandim 0321 Kabupaten Rokan Hilir, Letkol Arh Agung Rachman Wahyudi SIP,MI langsung bertindak sebagai pemimpin pelaksanaan Simulasi di Kecamatan Bagan Sinembah Raya.Minggu (16/02)

Pantauan dilapangan, Sabtu (15/02)Kemarin Latihan simulasi Pengecekan Peralatan Pemadaman Karlahut di selenggarakan di halaman Kantor Camat Bagan Sinembah Raya, kemudian di lanjudkan simulasi pemadaman yang di laksanakan di Kepenghuluan Makmur Jaya.

Selain Dandim 0321 Rohil, tampak juga dihadiri oleh Wakil Bupati Rohil, Drs Jamiluddin, Kapolres Rohil, AKBP M Mustofa SIK Msi, Kepala Kejari Rohil, Gaos Wicaksono, Kepala BPBD Rohil Hari D Putra, Camat Basira, Drs HM Yusuf Msi, Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP Msi, Danramil 03 Bagan Sinembah Kapten Inf Mendrofa, Kapolsek Bagan Sinembah, Kompol Panangian SH MSi, para lurah juga Datuk Penghulu se Kecamatan Basira, Kepala Puskesmas Boltrim, Dr Purwati dan lainnya.

Dandim 0321 Rohil, Letkol Arh Agung Rachman dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam penanggulangan Api melibatkan seluruh elemen, Sebab hal itu adalah tanggung jawab bersama. Pejabat pemerintahan masyarakat dalah hal ini sebagai pelaku penanggulangan.

" Seluruh elemen adalah pelaku dan juga akan turun kelapangan untuk memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dan juga ikut serta melakukan patroli," ucapnya.

Dengan terbentuknya kasatgas di tingkat kecamatan dalam penanggulangan titik api, kata dandim, diharapkannya agar di tahun 2020 tidak terjadi kebakaran hutan, khususnya di wilayah kebupaten Rokan Hilir.

" Saya berharap pada tahun 2020 ini, Karlahut di rohil ini tidak ada lagi, dan apabila ada titik api dapat diatasi dengan mudah,"harapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Rokan Hilir, Drs Jamiluddin dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasihnya terhadap 3 (tiga) pilar di rohil ini yang telah bersinergi dalam upaya penanggulangan terjadinya Karlahut.

Dirinya juga mengatakan bahwa giat pencegahan terjadinya karlahut adalah tanggung jawab bersama. Masyarakat, Upika harus bersinergit melakukan pencegahan api," saya juga mengharapkan di 2020 tidak ada kebakaran lagi. jadi jika ada di temukan tanda - tanda keberadaan api di manapun itu agar di tanggulangi bersama - sama,"ujarnya.

Sebagai Tampuk pemimpin di wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Jamiluddin menyampaikan sudah berupaya menyiapkan peralatan pemadaman api,"untuk pasilitas kendaraan yang tidak bisa di jangkau roda 4, kita sudah siapkan kendaraan roda dua, dan hampis selurub kepenghuluan sudah menerima kendaraan itu. Dan pasilitas yang lainnya juga sudah kita siapkan, jadi mudah - mudahan tidak ada hambatan di lapangan ketika melakukan pemadaman api,"pungkasnya (Ndri)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ