Bantah Dugaan Mar'up, Proyek Jembatan Parit Sicin lolos Verifikasi TP4D dan BPK

Rabu, 11 Desember 2019 - 13:46:44 WIB Cetak

Jembatan Parit Sicin jalan lintas pesisir Batu 6 Kecamatan Bangko Rohil

MOMENRIAU.com - Proyek Jembatan Parit Sicin Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah  melalui tahapan verifikasi Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sejak tahun 2017 lalu.

"realisasi proyek jembatan parit sicin itu kemaren sudah diperiksa tim TP4D Kejari Rohil, tidak ada masalah. "kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUTR) Rohil, Jon Syafrindow dikonfirmasi melalui Kabid   jalan dan jembata Dinas PUPR Rohil, Raja Yulistia, Selasa (10/12/2019).

Hal itu diungkapnya menanggapi pemberitaan disalah satu media online terbitan riau yang menyebutkan ada dugaan mar'up anggaran pada kegiatan proyek jembatan parit sicin kecamatan bangko.

Pasca melakukan monitoring dan evaluasi pekerjaan yang sudah dinyatakan lolos Verifikasi, pihak Kejari Rohil sempat turun lagi kelapangan untuk mengecek kedua kalinya, karena terjadi peristiwa hilangnya baut - baut pengikat dan siku penahan besi jembatan yang digondol maling. 

"kemaren kita khawatirkan dapat berdampak pada kwalitas kekuatan fisik jembatan, tapi rupanya setelah kembali dilakukan monitoring pengecekan TP4D tampaknya kondisi masih aman dan terkandali. "katanya.

Kesimpulannya, ujar Raja, bahwa tim TP4D Kejari Rohil saja sudah melakukan audit dan tidak menemukan persoalan pada proyek jembatan parit sicin kecamatan Bangko itu, artinya tidak ada masalah.

Terpisah, Direktur PT Cahaya Kurnia Riau, Zainudin, sebagai pelaksana kegiatan menananggapi pemberitaan dugaan mar'up tersebut tidak benar dan perlu diluruskan. Pasalnya, kalau hanya membandingkan pekerjaan jembatan parit sicin dengan pekerjaan jembatan bagan cacing jelas tidak sepadan. 

"tidak sesuailah, jembatan bagan cacing berukuran lebar 7meter dengan tipe B, sedangkan jembatan parit sicin ukuran lebar 9meter dan panjang 50meter, dengan tipe A. Apalagi kalau kita ukur dari kedalaman sehingga jembatan parit sicin menggunakan tiang pancang dan kaki seribu kanan kira 30 meter. dalam istilah kerja kita bilang kaki seribu pak, lumayan mahal harganya. Dan orang itu bilang loksi tengah kota pak. sekarang ini baru nampak di tengah kota pak dulu di tahun 2017 akses jalan ke jembatan sangat sulit, jangan di tengok sekrang."kata Zainudin.

Tidak hanya sampai disitu saja, jelas Zainudin bahwa dari aitem pekerjaan jembatan parit sicin ini juga ada item tambahan mengerjakan rigid kurang lebih kanan kiri. 

"kita juga mengerjakan rigit banyak disitu, kanan kirinya. "kata Zainudin.

Sebagai pihak pelaksana dirinya mengaku bahwa semua prosedural sudah dilaksanakan hingga melalui tahapan pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dan TP4D Kejari Rohil.

"Saya rasa sudah klir pak, intinya sudah diperiksa BPK dan Kejaksaan dan semua prosedur sudah kami jalani. "ujar Zainudin.

Tambahnya lagi, terkait dugaan kongkalikong antara perusahaan dan pihak Dinas langsung dibantah Zainudin. "Kami memenagkan tender wajar karena perusahaan kami memenuhi persyaratan dan terbaik diantara perusahaan lainnya makanya kami lulus sebagai pemenang tender. "pungkasnya.

( Puspa )




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ