PMD Rohil Taja Bimtek Pengelolaan BUMKEP dan BUMDES

Senin, 09 Desember 2019 - 12:26:04 WIB Cetak

Bagansiapiapi (Momen Riau)-  Hari ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) atau Badan Usaha Milik Kepenghuluan (BUMKEP) dan sekaligus memberikan Pembinaan Keuangan Desa.

Bimtek digelar, Senin (9/12) digedung Misran Rais Bagansiapiapi, dan akan dihadiri oleh Bupati Rohil H.Suyatno, Wakil Bupati Drs.H.Jamiludin, Sekretaris Daerah, Drs. Surya Arfan.

Kegiatan ini berdasarkan Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 yang mengatur tentang desa, dimana pada Pasal 87 ayat 1 menjelaskan Desa dapat melakukan pendirian Badan Usaha Milik Desa. Kemudian diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 43 Thn 2014 yang mengatur pelaksana tentang desa.

"Dengan keberadaan Bumdes/Bumkep (Badan Usaha Milik Kepenghuluan) ini, kita perlu pengelola-pengelola yang trampil, cerdas, inovatif dan gigih agar keberadaan Bumkep itu sendiri dapat memberikan mamfaat kepada masyarakat dan pembangunan ekonomi di Kepenghuluan yang pada akhirnya tercapai tujuan kesejahteraan masyarakat kepenghuluan masing-masing, maka untuk mencapai itu semua, untuk yang ke sekian kalinya kepada pengurus Bumkep ini kita berikan pelatihan agar mereka punya Skill dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya," kata Kadis PMD Rohil,H.Jasrianto,Senin (9/12) pagi.

Demikian juga diharapkan Kadis PMD dengan para kaur keuangan kepenghuluan dimana dalam mengelola keuangan kepenghuluan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan dan pelaporan diharapkan sesuai dengan ketentuan yang ada dan tepat waktu dalam penyelesaian tanpa menyisakan permasalahan dikemudian hari. " Dalam kegiatan bimtek ini para kaur keuangan juga kita hadirkan guna agar mereka mendapatkan pengalaman ilmu sesuai dengan apa yang menjadi tanggung jawab mereka," ujarnya. 

Kadis PMD Rohil mengharapakan kepada seluruh peserta bimtek agar pelatihan ini dapat diikuti dengan sebaiknya dan menjadi acuan dalam bekerja nantinya.

" Ikutilah pelatihan ini dengan sebaik-baiknya, dan ilmu yang didapat jadikan acuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab," pungkasnya.




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ