Polres Rokan Hilir Gelar Apel Konsolidasi Kesiapsiagaan Terhadap Pencegahan Dan Penanggulangan Karhutla Tahun 2020

Rabu, 27 November 2019 - 10:33:13 WIB Cetak

Rimba Melintang (Momenriau.com) -- Polres Rokan Hilir menggelar apel konsolidasi kesiapsiagaan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan menghadapi kebakaran hutan dan lahan tahun 2020, bertempat dihalaman kantor camat rimba melintang, Rabu 27 Nopember 2019.

Dalam apel konsolidasi kesiapan siagaan tersebut,Polres Rokan Hilir memberikan pemahaman tentang bahaya karhutla di musim kemarau tahun 2020 dan membentuk Satuan Tugas Reaksi Cepat Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla).

Hadir dalam apel kesiapsiagaan tersebut Kapolres Rokan Hilir AKBP M. Mustofa SIK MSi, Waka Polres Rokan Hilir KOMPOL James I.S Raja Gukguk SIK MH, Para Kabag, Kasat, Kasi dan Para Perwira Polres Rokan Hilir, Koramil Rimba Melintang Kapten CJI A Panjaitan, Camat Rimba Melintang Burhanudin SHut MSc, Para Kapolsek Jajaran Polres Rokan Hilir, Para Penghulu Se-Kecamatan Rimba Melintang dan Pimpinan Perusahaan peserta apel kesiapsiagaan karhutla.

Kapolres Rokan Hilir AKBP M. Mustofa SIK MSi dalam amanatnya menyampaikan bahwa penanggulangan kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama dari seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, mengingat sebagian besar wilayah Kabupaten Rokan Hilir adalah Gambut, sehingga saat musim kemarau, ancaman dan potensi timbulnya kebakaran hutan atau lahan sangat mungkin terjadi.

“ Bahwa kejadian kebakaran hutan dan lahan tidak mengenal batasan hutan lindung, cagar biosfer, hutan tanaman industri, perkebunan dan perusahaan, baik itu milik masyarakat, swasta maupun milik BUMN dapat mengalami kebakaran. Untuk itu lakukan upaya pencegahan seperti patroli terpadu baik antara TNI - POLRI,BPBD, Kecamatan, Desa/Kelurahan serta perusahaan yang ada di Kabupaten Rokan Hilir.,” ucap Kapolres.

Kapolres menambahkan tahun 2019 ini, Polres Rohil telah melakukan proses penangkapan 11 Laporan polisi terdiri dari 12 tersangka yang terbukti telah melakukan dengan sengaja membuka lahan dengan cara dibakar, sedangkan FIRESPOT sebanyak 462 Titik, terjadi sejak bulan januari sampai November 2019. Sedangkan luas lahan yg terbakar seluas 1.630 Ha.

Selain itu Kapolres Rokan Hilir AKBP M. Mustofa SIK MSi mengucapkan terima kasih  kepada segenap unsur -unsur yang mendukung dan berpatisipasi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.ucapnya

Pada kesempatan itu juga ,Kapolres Rokan Hilir memberikan penghargaan berupa sertifikasi kepada Datuk Penghulu Kepenghuluan Lenggadai Hilir Sairin dan Datuk Penghulu Lenggadai Hulu  Sugeng Eko Santoso serta kepada PT. RUAS UTAMA JAYA (RUJ) dan PT. SINDORA SERAYA atas kesungguhan dan kerja keras dalam membantu dengan sukarela dalam Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan. (Darma)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ