Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Segera Bantu Fasilitas Penyediaan Air Bersih di KITB.

Senin, 04 November 2019 - 00:43:57 WIB Cetak

Pemerintah kabupaten Siak saat menghadiri pertemuan dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR terkait hibah barang milik negara

JAKARTA - Kementerian PUPR RI melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, menyatakan kedepan akan memberikan dukungan nyata bagi percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional Kawasan Industri Tanjung Buton Kabupaten Siak, khususnya dalam hal penyediaan air minum dan air bersih. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga, dalam pertemuan penandatanganan Hibah Barang Milik Negara, antara Dirjen Cipta Karya dengan Pemerintah Kabupaten Siak, di Jakarta, Jumat lalu (1/11/19).

“Untuk merealisasikan program dukungan dalam bentuk penyediaan air minum dan air bersih di lokasi PSN tersebut, kita akan review kembali hasil kajian Detailed Engineering Design (DED) yang pernah dibuat oleh Satuan Kerja SPAM Strategis pada Tahun 2014 lalu, sehingga dapat realisasinya dapat dilaksanakan pada Tahun 2020-2021 mendatang”, kata Danis kepada Bupati Siak Alfedri, yang didampingi Kadis PU Tarukim Irving Kahar.

Pihak Dirjen Cipta Karya, juga akan segera melakukan kordinasi dengan Dirjen Sumber Daya Air (SDA), untuk melakukan pembangunan penyediaan  infrastruktur air baku, yang menjadi kewenangan Dirjen SDA. 

“Kawasan industri Buton selain sebagai Proyek Strategis Nasional tentunya harus didukung penuh, sesuai apa yang telah disampaikan bapak Menteri PUPR, disamping untuk masyarakat tempatan”, sebutnya. 

Bupati Siak Alfedri dalam kesempatan itu juga melaporkan kondisi akses air minum di Kabupaten Siak saat ini, yang sudah mencapai angka 73,16 persen dan telah melampaui target akses air minum nasional yang berada pada kisaran 72, 04 persen. 

“Sesuai target nasional, air minum diharapkan dapat diakses hingga persentase 100 persen pada Tahun 2024 mendatang. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Siak melalalui Dinas PU Tarukim akan terus bekerja keras menjapai target 100 persen tersebut”, kata Alfedri disela-sela diskusi usai Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Sejumlah Proyek Kementerian PUPR kepada Pemkab Siak, di Kantor Dirjen Cipta Karya Jakarta Selatan.

Pemimpin Siak itu tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih atas bentuk dukungan dari Kementerian PUPR tersebut, dan menyebut program Pamsimas  (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) akan sangat signifikan manfaatnya bagi pemenuhan kebutuhan air minum dan air bersih di KITB. 

“Rencananya nanti pada Hari Minggu Tanggal 3 November kita bersama-sama dengan Dinas PU Tarukim akan turun kelapangan untuk mengecek kembali kondisi di KITB”, kata Bupati Siak Alfedri kepada Dirjen Cipta Karya Danis Hidayat Sumadilaga.

(Sumber : Humas Protokoler Pemkan Siak)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ