Bupati Ajak PWI Ikut Bangun Daerah

Sabtu, 26 Oktober 2019 - 10:08:59 WIB Cetak

Bupati Rokan Hilir H Suyatno saat menyambangi lokasi konfercab PWI ke IV di Bagansiapiapi Beberapa waktu lalu

BAGANSIAPIAPI (Momen RIAU)- Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno AMp mengapresiasi peran Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) khususnya PWI Rohil yang telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai organisasi wartawan dengan baik.

Hal itu dikemukakan Asisten III Bidang Administrasi Setdakab Rohil Suandi saat menghadiri pembukaan Konferensi Cabang (Konfercab) VI PWI Rohil di Bagansiapiapi, Kamis (24/10).  Asisten III mewakili bupati pada kesempatan itu, hadir juga perwakilan dari berbagai unsur, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, instansi vertikal, pembina/penasehat PWI Rohil dan sejumlah pengurus PWI Riau.

"Kami sampaikan permohonan maaf dari bupati yang tidak bisa bersama-sama menghadiri kegiatan ini dan diwakilkan kepada asisten III. Beliau menyampaikan bersyukur dan rasa bangga terhadap peran insan pers , awak media yang ada selama ini," kata Suandi membacakan sambutan tertulis bupati.

Ia mengatakan kegiatan Konfercab PWI Rohil membawa misi dan tujuan yang mulia demi terwujudnya kehidupan pers yang merdeka, profesional, bermartabat dan beradab serta terpenuhinya hak publik memperoleh informasi yang tepat, akurat dan benar.

Dirinya ingin mengajak seluruh insan pers yang berada di kabupaten Rohil agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan dan PWI.

"Dengan terbentuknya organisasi PWI ini, keberadaannya sangat penting untuk menjamin bahwa wartawan yang berada di bawah naungan PWI adalah wartawan yang profesional dan benar-benar memahami kode etik jurnalistik, sehingga wartawan yang tergabung dengan wadah organisasi PWI benar-benar wartawan berkompeten dan profesional serta dilindungi oleh undangundang dan dewan pers," katanya.

Katanya, kehadiran PWI hendaknya mengambil peran dalam memberikan edukasi serta pembinaan kepada wartawan sehingga mereka memahami tentang aturan uu pers dan kode etik jurnalistik. untuk kemudian menyuguhkan dan menyajikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik. Ini mengingat organisasi PWI merupakan salah satu sarana penyampai informasi, baik dari pemerintah ke masyarakat, maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini.

"Eksistensi PWI Rohil harus diupayakan sebagai perekat dan pemersatu insan pers, mengingat media atau insan pers merupakan mitra pemerintah dalam membangun kabupaten Rohil yang kita cintai ini," tegasnya.

Ditambahkan pers adalah kekuatan pilar keempat yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. peran wartawan sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan pembangunan, khususnya di kabupaten Rohil. terutama perannya dalam membangun bangsa melalui pemberitaan pembangunan yang bersinergi dengan pemerintah. sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah, dinilai sangat berharga untuk modal pembangunan.

"Kami ucapkan selamat atas pelaksanaan Konfercab VI PWI Rohil, semoga berjalan dengan lancar dan sukses. Menghasilkan kepengurusan yang baik dan bersinergi dengan pemerintah dalam upaya mengisi pembangunan secara maksimal," katanya.




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ