Angan Angan.

"Kucuran Dana Pembangunan 30 M Kepada Kecamatan Selayar Di Tahun 2024, Cuma Untuk Menyenangkan Hati Masyarakat ?".

Selasa, 20 Agustus 2024 - 12:08:00 WIB Cetak

(Momenriau.com Lingga). Dipenghujung tahun 2023 lalu hingga ada awal Tahun 2024, pernah beredar khabar gembira bagi masyarakat di wilayah tersebut, bahwa di Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga, tahun 2024 ini mendapatkan kucuran dana  pembangunan, baik berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD-red) Kabupaten, Propinsi dan APBN (DAK-red) dengan total keseluruhannya kurang lebih 30 M (30 Milyar-red).

Cerita tentang kurang lebih "30 M" dana pembangunan yang akan digelontorkan baik berasal dari APBD Kabupaten Lingga, APBD tingkat Propinsi Kepulauan Riau maupun dari Anggaran Pendapatan & Belanja Negara (APBN) tersebut, membuat masyarakat Kecamatan Selayar menjadi gembira.
    Hati masyarakat gembira karena jalan penghubung tiga Desa, baik dari Kampung Tanjung Dua (Desa Selayar-red) melewati perkampungan Sebilik (Desa Selayar), perkampungan Teluk Mengkerang (Desa Pantai Harapan), perkampungan Menserai (Desa Pantai Harapan) serta sebagian perkampungan Teluk Lanjut (Desa Pantai Harapan), saat ini masih dalam kondisi hamparan tanah bercampur bebatuaan terjal, segera akan menjadi mulus.
    Bersuka cita karena, kondisi yang memprihatikan dan tidak jauh berbeda dengan kondisi yang dipaparkan pada alinea diatas, yaitu jalan poros di Desa Penuba Lama menuju perkampungan Sembuang, juga masih berupa jalan hamparan tanah, dimana kalau hujan membuat jalan yang dilalui tersebut, sangat licin dan ketika cuaca panas, maka jalan tersebut menghasilkan debu yang mungkin dapat mengganggu saluran pernapasan manusia, akan dibangun oleh Pemerintahan Pemkab Lingga di masa kepemimpinan Bupati M.Nizar.
    Suatu penantian panjang masyarakat, segera akan terwujud dengan cerita dana sebesar 30 M yang akan diperoleh Kecamatan Selayar pada tahun 2024 ini untuk bisa membenahi jalan dari perkampungan Selayar menuju ke Desa Penuba atau sebaliknya, yang setiap harinya dilalui oleh baik warga, masih berupa hamparan tanah merah sangat licin ketika diguyur hujan dan berdebu bila diterpa teriknya sinar matahari.
Menurut Kasubag Program Dinas PU Kabupaten Lingga "ada beberapa pekerjaan yang sudah terprogram di APBD Lingga dilaksanakan di Kecamatan Selayar tahun anggaran 2024.
    Masyarakat Kecamatan Selayar, tentu sangat yakin impian mereka untuk menikmati jalan yang nyaman untuk dilalui, akan diperoleh pada tahun 2024 ini, karena masyarakat di Kecamatan Selayar, selalu mendengar ucapan janji Bupati Kabupaten Lingga M.Nizar setiap ada kunjungan kerja dan atau acara di Kecamatan Selayar, bahasa dan kalimat yang sering diucapkan dalam pidatonya yaitu, "Insya-Allah pada tahun 2024 nanti, semua itu akan kita akan tuntaskan pembangunannya".
    Menelusuri cerita tentang "30 Milyar" akan digelontorkan ke wilayah Kecamatan Selayar tahun 2024 ini, maka awak media kami mendapat informasi dari beberapa oknum pegawai di Dinas PU Kabupaten Lingga yang enggan dituliskan jatidirinya, pada hari Senen (19/08-2024) menyebutkan ; "itu kemaren nominal dana dimaksud, memang rencananya akan didapat selain dari APBD Kabupaten kita, dari APBD Propinsi Kepri dan juga Dana Alokasi Khusus (DAK) ditambahk dengan dana Instruksi Presiden (Inpres)".
    Narasumber (oknum ASN PU Lingga-red) juga menambahkan dengan mengatakan ; "sampai saat ini, entah apa sebabnya, dana Inpres yang diharapkan tersebut, tidak tau sudah sampai dimana".
    Untuk memastikan terkait kegiatan pembangunan apa saja yang sudah diprogram oleh Dinas PU Kabupaten Lingga untuk wilayah Kecamatan Selayar pada tahun 2024 ini, maka kami mengkonfirmasi Hisolihin selaku Kasubag Program Dinas PU Kabupaten Lingga, lewat Chating WhatsApp pada hari Senen (19/08-2024) dan beliau mengirim satu Chat balasan bertuliskan ;
     1. "Pembangunan Tangki Septik Skala Individual di Desa Penuba (DAK)",
     2. "Pembangunan Jalan semenisasi Desa Penuba Lama".
     3. "Peningkatan Jalan Tanjung Dua - Desa Pantai Harapan tahap II".
    Dengan informasi yang didapat dari Kasubag Program Dinas PU Kabupaten Lingga ini, maka musnahlah harapan yang sempat pernah menciptakan suasana kegembiraan dihati warga dan atau masyarakat Kecamatan Selayar terkait gelontoran dana 30 M untuk mengejar ketertinggalan pembangunan Sarana & Prasarana di Kecamatan Selayar. (Edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ