Upika Bagan Sinembah Gelar Upacara HUT Rokan Hilir yang Ke.20

Jumat, 04 Oktober 2019 - 13:21:13 WIB Cetak

BASIRA - Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah gelar Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Rokan Hilir Ke 20 ,Jumat (4/10)

Upacara digelar di Halaman Kantor Camat Bagan Sinembah yang berlangsung khidmad dihadiri Kapolsek Bagan Sinembah,Kompol H.Asmar Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y.Mendrofa, juga Kepala Puskesmas Bagan Batu  Dr.Josafat Silalahi serta seluruh pejabat di lingkup Kecamatan Bagan Sinembah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Camat Bagan Sinembah, Sakinah SSTP.M.Si Pada upacara itu membacakan langsung pidato Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp.

Dalam amanatnya, Bupati Rokan Hilir menyampaikan, ada beberapa peristiwa yang mempunyai nilai historis dan strategis, serta menjadi penting untuk diperingati. Peristiwa penting tersebut antara lain, tanggal 4 Oktober pada setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir.

Juga ditetapkan menjadi Agenda Daerah, bahwa kegiatan Sidang  Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rokan Hilir, sebagai kegiatan puncak  dari penyelenggaraan peringatan hari jadi Kabupaten Rokan Hilir, yang saat ini sedang berlangsung.

"Kemudian, Tanggal 5 Oktober, diperingati sebagai Hari Lahirnya Tentara Nasional Indonesia, untuk itu dikesempatan ini, atas nama Jajaran Pemerintah dan segenap masyarakat Kabupaten Rokan Hilir, saya menyampaikan Ucapkan Selamat buat Anggota dan segenap keluarga besar Tentara Nasional Indonesia, yang merayakan Hari Jadinya yang ke 74 Tahun 2019 ini, Semoga TNI tetap jaya dalam mengamankan dan mempertahan keutuhan Negara Kesatuan Repulik Indonesia," ucap  Sekcam Menyampaikan amanat bupati.

Selanjutnya, Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Lahirnya Sumpah Pemuda, yang mana lahirnya suatu tekat bersama yang diikrarkan Para Pimpinan Pemuda Pergerakan Kemerdekaan untuk bersatu dalam Pergerakan Pemuda Indonesia dan bertumpah darah yang satu, Tanah Air Indonesia serta Berbahasa yang Satu, yaitu Bahasa Indonesia.

Sejalan dengan nilai dan semangat  tersebut diatas, maka Tema yang kita usung pada Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir tahun ini, adalah: "Melalui Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke 20 Tahun 2019 Kita Wujudkan Rokan Hilir Yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera".

"Dengan Tema diatas, diharapkan  dapat menggugah kita, untuk dapat melahirkan jiwa dan semangat baru, dalam melaksanakan pembangunan guna terwujudnya daerah  dan  masyarakat Kabupaten Rokan Hilir yang lebih maju, beragama, mandiri dan sejahtera," tandasnya.

Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir  yang diperingati pada tanggal 4 Oktober di setiap tahunnya, adalah merupakan suatu momentum penting yang memiliki nilai historis, terutama bagi segenap lapisan masyarakat Rokan Hilir baik, yang tinggal di perkotaan maupun dipedesaan untuk mengingat kembali, Darma Bhakti dan jasa-jasa para pejuang dan pendiri Kabupaten Rokan Hilir. sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT, hingga terbentuknya Kabupaten Rokan Hilir pada tanggal 4 Oktober 1999  Dua puluh tahun yang lalu," kenangnya.

Melalui Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hilir ini, dapat dijadikan sebagai kilas balik, untuk melihat potret Kabupaten Rokan Hilir di masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang, dan merupakan bagian dari jati diri anak negeri dan eksistensi Daerah ini, sehingga mampu berperan sebagai perekat integritas masyarakat, agar tetap terpelihara dalam persatuan dan kesatuan yang kokoh," ungkapnya.

Usai upacara, Sakinah SSTP.M.Si menyampaikan bahwa dalam usia Kabupaten Rokan Hilir ke 20 ini, seluruh komponen masyarakat dapat bersatu lebih kuat untuk membangun Rokan Hilir yang lebih baik lagi.

" Wujud kecintaan kita ialah dengan mendukung segala kebijakan pemerintah dalam upaya memajukan daerah yang kita cintai ini," harap camat(Ndri)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ